AENA MAHMUDATUL ROBBIATUL ADAWIYAH, 2811123002 (2016) PENERAPAN METODE USMANI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-BASYIR KARANGSUKO PAGELARAN MALANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (316kB) |
||
Text
BAB I (new).pdf Download (396kB) |
||
|
Text
BAB II (new).pdf Download (734kB) | Preview |
|
Text
BAB III (new).pdf Download (264kB) |
||
|
Text
BAB IV (new).pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Usmani dalam Meningkatkan Kemamapuan Membaca Al-Qu’an Santri di TPQ Al-Basyir Karangsuko Pagelaran Malang” disusun oleh Aena Mahmudatul Robbi’atul Adawiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Dosen pembimbing Drs. H. Asrof Syafi’i, M.Ag. NIP. 19690918 200003 1 002. Kata kunci: Metode usmani, Kompetensi membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak ditemui para guru atau ustadzah yang mengajarkan Al-Qur’an masih belum sesuai dengan kaidah tajwid yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu seringkali dijumpai proses pembelajaran Al-Qur’an yang cenderung pasif, dimana siswa atau santri kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran sehingga suasana pembelajaran terlihat monoton dan membosankan, hal inilah yang membuat kurang efektifnya sebuah pembelajaran. Salah satu metode alternatif yang dapat diterapkan untuk memberdayakan siswa atau santi aktif dalam proses pembelajaran Al-Qur’an ialah dengan menerapkan metode usmani, sebuah metode yang berawal dari penemuanpenemuan para ulama salaf terdahulu yang terkumpul dalam kitab Tajwidul Qur‟an. Metode usmani ini sebenarnya adalah metode ulama’ salaf yang telah lama hilang, dikarenakan percobaan metode-metode baru yang belum ada, yang mungkin bisa lebih mudah dan cepat dalam belajar membaca Al-Qur’an. Namun kenyataannya sebaliknya, banyak bacaan-bacaan AlQur’an yang menyalahi dan keluar dari kaidah-kaidah ilmu tajwid. Dengan penerapan metode usmani diharapkan mampu menciptakan pembelajaran membaca Al-Qur’an sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ AlBasyir Karangsuko Pagelaran Malang? (2) Bagaimana hasil dari penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Basyir Karangsuko Pagelaran Malang? (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Basyir Karangsuko Pagelaran Malang? Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Basyir Karangsuko Pagelaran Malang. (2) Untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Al-Basyir Karangsuko Pagelaran Malang. (3) Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode usmani dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ AlBasyir Karangsuko Pagelaran Malang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123002 AENA MAHMUDATUL ROBBIATUL ADAWIYAH |
Date Deposited: | 20 Dec 2016 07:01 |
Last Modified: | 20 Dec 2016 07:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4273 |
Actions (login required)
View Item |