MOCH. WAZIHAN GANDI WINATA, 12405183195 (2024) IMPLEMENTASI PEMANFAATAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI UD. RAJAWALI HANGER KECAMATAN NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (11MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (11MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (11MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pemanfaatan E-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di UD. Rajawali Hanger Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Moch. Wazihan Gandi Winata NIM 12405183195, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkembang pesatnya teknologi dan besarnya jumlah pengguna internet saat ini yang menciptakan peluang usaha semakin meningkat. Hal ini juga didorong oleh program pemerintah agar pelaku usaha memanfaatkan e-commerce untuk terus bersaing di tengah perkembangan teknologi. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pemanfaatan ecommerce dalam meningkatkan daya saing UMKM di UD. Rajawali Hanger? (2) Apa kendala dan Solusi dalam meningkatkan daya saing UMKM di UD. Rajawali Hanger melalui pemanfaatan e-commerce?. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penerapan e-commerce mampu menguatkan daya saing pada UD. Rajawali Hanger. Serta mengetahui kendala dan solusi dalam penggunaan e-commerce. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan menguraikan dan menafsirkan hasil penelitian, serta didukung oleh studi pustaka yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian dan disimpulkan. Hasil penelitian ini, implementasi pemanfaatan e-commerce dalam meningkatkan daya saing di UD. Rajawali Hanger adalah pemasaran produk dilakukan dengan menggunakan e-commerce, adanya kemudahan dalam pemberian informasi produk, penjualan yang lebih fleksibel, adanya kemandirian dalam penjualan dan adanya kemudahan transaksi. UD Rajawali Hanger memiliki kendala dan solusi dalam pemanfaatan e-commerce diantaranya banyaknya kompetitor dengan solusi menambah variasi produk, dalam kendala persediaan produk solusinya ialah memproduksi dengan skala banyak sesuai dengan musimnya, kendala konten dibuat solusinya ialah dengan mencari inspirasi melalui sosial media, kendala rawannya di blokir solusinya ialah dengan melakukan cek secara berkala pada produk sebelum pengemasan dan pengiriman, dan kendala ulasan komentar, UD. Rajawali Hanger berusaha untuk membuat hubungan baik dengan pelanggan, memberikan garansi pengembalian jika terdapat masalah. Kata Kunci: Daya Saing, E-commerce
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah Ekonomi > UMKM |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 12405183195 MOCH. WAZIHAN GANDI WINATA |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 10:58 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 10:58 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43001 |
Actions (login required)
View Item |