PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL-MA’ARIF KELURAHANKARANGWARU KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

uswatun khasanah, 2811123028 (2016) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL-MA’ARIF KELURAHANKARANGWARU KECAMATAN TULUNGAGUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Uswatun Khasanah (2811123028), Dengan judul skripsi “Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru KecamatanTulungagung Kabupaten Tulungagung 2015/2016”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang dibimbing oleh Dr. H. Akhyak, M.Ag. Kata Kunci: Penerapan, Metode, Domonstrasi, Fiqih. Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah keadaan bahwa pengetahuan dan kebiasaan pada siswa siswi terhadap ajaran ibadah dalam bidang studi fiqih yang masih belum benar ketika menjalankan praktek dalam kehidupan sehari-hari seperti wudhu, sholat. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode pengajaran yang berkaitan dengan perencanaan, penerapan, hasil dari pembelajaran Fiqih Rumusan masalah skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Langkah-Langkahpenerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana Proses Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana Hasil Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Al-Ma’Arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan penelitian skripsi ini : (1) Untuk Mengetahui Langkah-langkah Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Ma’arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung, (2) Untuk Mengetahui Proses Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Kelurahan Karangwaru Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung, (3) Untuk Mengetahui Hasil Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Ma’arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang telah diterima di bangku kuliah dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa dan mengumpilkan hasil data yang ada sehingga mengetahui penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Ma’Arif. Bagi almamater, hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka menyempurnakan penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Ma’Arif Tulungagung. Untuk tahun-tahun berikutnya yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa dijadikan pijakan atau acuan untuk penelitian selanjutnya, yang lebih mendalam tentang permasalahan-permasalahan sepanjang berkaitan dengannya. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode pendekatan observasi, wawancara, dokumtasi dan analisa data pada skripsi ini menggunakan analisa data kualitatif. Setelah penulisan mengadakan penelitian dengan beberapa metode di atas memperoleh hasil bahwa: (1) dengan adanya langkah-langkah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Al-Ma’Arif Tulungagung meliputi: rencana pembuatan RPP, pemberian motivasi, penyiapan tempat untuk melakukan metode demonstrasi, pemberian penguatan meteri yang akan didemonstrasikan, (2) proses penerapan demonstrasi dilakukan setelah satu bab mata pelajaran yang akan didemonstrasikan sudah selesai sebelum pelaksanaan metode demonstrasi para murid diberi tugas untuk mengerjakan. Penerapan demonstrasi dikerjakan setelah para murid selesai mengerjakan tugas dalam pelaksanaan metode demonstrasi paling sedikit dilakukan dua kali. Penilaian yang diberikan dalam penerapan metode demonstrasi sesuai dengan kemampuan anak itu sendiri. (3) Hasil penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTs Ma’arif Kelurahan Karangwaru Kabupaten Tulungagung dalam metode demonstrasi yang diterapakan pemahaman murid dalam pelajaran fiqih sangat baik karena mereka juga ikut berpartisipasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123028 uswatun khasanah
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:12
Last Modified: 24 Jan 2017 03:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4304

Actions (login required)

View Item View Item