STRATEGI PEMASARAN RUANG LUANG COFFEE TRENGGALEK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN

TIS'ATU QONI'AH, 12405173040 (2024) STRATEGI PEMASARAN RUANG LUANG COFFEE TRENGGALEK DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Ruang Luang Coffee Trenggalek Dalam Menghadapi Persaingan” yang ditulis oleh Tis’atu Qoni’ah, NIM. 12405173040, Pembimbing: Prof. Dr. Ngainun Naim, M.HI. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena gaya hidup yang mengalir melalui secangkir kopi yang menjadikan kedai kopi sebagai pilihan untuk menghabiskan waktu luang. Hal ini mendasari maraknya kedai kopi yang berdampak pada persaingan usaha yang semakin meningkat. Oleh karena itu pelaku usaha dituntut untuk lebih memperhatikan strategi pemasaran yang akan diterapkan. Bauran pemasaran merupakan suatu sistem pemasaran yang efektif untuk diterapkan dalam menghadapi persaingan antar usaha. Salah satunya Ruang Luang Coffee yang menerapkan strategi pemasaran 4P yang meliputi product (produk), price (harga), place (tempat) dan promotion (promosi). Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan strategi pemasaran Ruang Luang Coffee dalam menghadapi persaingan?. (2) Bagaimana kendala strategi pemasaran yang dialami Ruang Luang Coffee dalam menghadapi persaingan?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran Ruang Luang Coffee dalam menghadapi persaingan. (2) Untuk mengetahui kendala strategi pemasaran yang dialami Ruang Luang Coffee dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi pemasaran yang digunakan oleh Ruang Luang Coffee yaitu strategi bauran pemasaran, yang meliputi product, melakukan riset terlebih dahulu produk yang cocok untuk target pasarnya. Price, menyesuaikan dengan harga pasaran, kualitas dan harga bahan baku yang digunakan. Place, melalui Lokasi yang dipilih dapat dikataan strategis dikarenakan dekat dengan berbagai sektor ekonomi. Promotion, melalui strategi yaitu melakukan promosi lewat sosial media, memberikan promo atau diskon, dan mengadakan event. (2) Kendala strategi pemasaran Ruang Luang Coffee dapat dianalisis bahwa product, produk yang dikeluarkan memiliki sedikit peminat. Price, harga bahan baku yang naik memengaruhi harga jual produk. Place, tidak bisa buka pagi sampai siang hari dikarenakan tempatnya panas. Promotion, terkadang ketika melakukan kegiatan promosi di sosial media sedikit orang yang melihat. Kendala lainnya ketika hari-hari biasa pelanggan yang datang tidak seramai hari libur dan hari-hari besar dan ketika ada pendatang baru yang masuk pergeseran pasar akan terasa. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Persaingan dan Ruang Luang Coffee

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405173040 TISATU QONIAH
Date Deposited: 09 Jan 2024 14:31
Last Modified: 09 Jan 2024 14:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43115

Actions (login required)

View Item View Item