LUTFIANA EKA PUTRI, 12205193177 (2024) PERAN TEMAN SEBAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Teman Sebaya dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfiana Eka Putri dengan NIM. 12205193177, pembimbing Dr. Susanto, M.Or. Kata Kunci: Peran, Teman Sebaya, Karakter Disiplin Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik yang kurang memperhatikan dan memiliki kesadaran akan pentingnya disiplin. Hal ini dibuktikan dengan berbagai pelanggaran disiplin yang mereka lakukan. Teman sebaya turut berperan dalam membentuk karakter disiplin, karena di sekolah peserta didik banyak menghabiskan waktu dengan teman sebayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan peran teman sebaya dalam membentuk karakter disiplin waktu peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (2) mendeskripsikan peran teman sebaya dalam membentuk karakter disiplin sikap peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (3) mendeskripsikan peran teman sebaya dalam membentuk karakter disiplin belajar peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan subjek utama adalah peserta didik kelas IV-A MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data berupa triangulasi sumber, teknik dan waktu serta perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran teman sebaya dalam membentuk karakter disiplin waktu peserta didik yaitu dengan memberikan dukungan informatif, mengajarkan keterampilan memecahkan masalah disiplin waktu, menjadi agen sosialisasi disiplin waktu, dan menjadi model disiplin waktu, (2) peran teman sebaya dalam membentuk karakter disiplin sikap peserta didik yaitu dengan memberikan dukungan emosional, mengajarkan keterampilan mengontrol diri, menjadi agen sosialisasi disiplin sikap, dan menjadi model disiplin sikap, (3) peran teman sebaya dalam membentuk karakter disiplin belajar yaitu dengan memberikan dukungan instrumental dan penghargaan, mengajarkan keterampilan kerjasama, menjadi agen sosialisasi disiplin belajar, dan menjadi model disiplin belajar. Melalui peran teman sebaya, peserta didik dapat meningkatkan disiplin yang dimiliki sehingga memiliki kesadaran diri, pengendalian diri dan pengarahan diri yang baik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193177 LUTFIANA EKA PUTRI |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:24 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43450 |
Actions (login required)
View Item |