INDAH FATIKA SARI, 12204193127 (2024) METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI TURUNAN KELAS XI MAN 2 JOMBANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (247kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Turunan Kelas XI MAN 2 Jombang” ini ditulis oleh Indah Fatika Sari, NIM. 12204193127. Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Metakognisi, penyelesaian masalah kontekstual Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan penyelesaian masalah kontekstual siswa yang masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa masih cenderung kesulitan dalam mengajukan pertanyaan, membuat langkah-langkah penyelesaian, serta menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Berdasarkan hal tersebut salah satu kemampuan yang dibutuhkan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual adalah metakognisi. Melalui metakognisi siswa dapat mengarahkan kemampuan berpikirnya dalam meyelesaikan masalah secara tepat dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi turunan kelas XI MAN 2 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 2 Jombang yang berjumlah 6 subjek yang terpilih secara acak. Teknik pengumpulan data dengan tes metakognisi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual mampu memenuhi tahap perencanaan yang terlihat dari pemahaman masalah yang baik untuk selanjutnya melakukan perencanaan penyelesaian. Pada tahap memantau siswa mampu melaksanakan prosedur penyelesaian yang tepat sehingga menghasilkan jawaban yang sesuai. Namun, terdapat satu subjek yang belum mampu memenuhi tahap ini. Selanjutnya, tahap evaluasi menunjukkan siswa belum mampu mengevaluasi penyelesaian masalah yang telah dilakukan, dan hanya terdapat dua dari enam subjek yang mampu memenuhi tahap ini.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193127 INDAH FATIKA SARI |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 06:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 06:20 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43501 |
Actions (login required)
View Item |