EMI NUR AZLINA, 17205163052 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Emi Nur Azlina. NIM: 17205163052. Skripsi. Jurusan: Tarbiyah Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Judul: Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. Pembimbing: Musrikah, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar Siswa Hasil belajar banyak dipengaruhi oleh kualitas pengajaran. Guru menguasai banyak faktor yang mempengaruhi motivasi, prestasi dan perilaku peserta didik mereka. Guru harus berupaya keras untuk menciptakan suasana yang aman dan tenang yang membuat peserta didik tertarik dengannya, sehingga dengan tertariknya peserta didik terhadap guru akan menimbulkan minat siswa untuk mempelajari apa yang akan diajarkan guru, sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana peranan guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono? 2). Bagaimana peranan guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono? 3). Bagaimana peranan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono? 4. Apa saja peranan guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono?. Tujuan Penelitian: 1). Untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai demonstratordalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono. 2). Untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono. 3. Untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono. 4). Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Mifathul Huda Karangsono. Metode Penelitian: 1). Pendekatan dan Jenis Penelitian: Kualitatif, 2). Lokasi Penelitian: MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. 3). Kehadiran Peneliti: Peneliti hadir di lokasi penelitian sebagai instrument penelitian, 4). Instrumen Penelitian: Pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi. 5). Pengecekan keabsahan data: Triangulasi, pembahasan sejawat, perpanjangan kehadiran. Hasil penelitian: 1). Peranan guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika diaplikasikan melalui system pembelajaran terapan, dengan langkah sejak dari pengenalan materi dan kebutuhan sarana prasarana. Guna meningkatkan efektifitas peranannya maka diterapkan system komunikasi sejawat antar guru dengan guru yang lainnya. 2). Peranan guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dilakukan dengan system pengelolaan terbuka dengan memberikan system kelas dan pembelajaran yang variatif dan memberikan ruang untuk remedial teaching. 3). Peranan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dilakukan dengan cara memanfaatkan seluruh media dan sarana prasarana yang ada. 4). Peranan guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika diterapkan melalui perencanaan yang matang dan pemberian peluang untuk remedial teaching bagi siswa yang kurang berhasil.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163052 EMI NUR AZLINA |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 01:47 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 01:47 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43707 |
Actions (login required)
View Item |