PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG

EMI NUR AZLINA, 17205163052 (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI MIFTAHUL HUDA KARANGSONO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Emi Nur Azlina. NIM: 17205163052. Skripsi. Jurusan: Tarbiyah Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Judul: Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. Pembimbing: Musrikah, M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar Siswa Hasil belajar banyak dipengaruhi oleh kualitas pengajaran. Guru menguasai banyak faktor yang mempengaruhi motivasi, prestasi dan perilaku peserta didik mereka. Guru harus berupaya keras untuk menciptakan suasana yang aman dan tenang yang membuat peserta didik tertarik dengannya, sehingga dengan tertariknya peserta didik terhadap guru akan menimbulkan minat siswa untuk mempelajari apa yang akan diajarkan guru, sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Fokus Penelitian: 1). Bagaimana peranan guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono? 2). Bagaimana peranan guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono? 3). Bagaimana peranan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono? 4. Apa saja peranan guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono?. Tujuan Penelitian: 1). Untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai demonstratordalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono. 2). Untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono. 3. Untuk mendeskripsikan peranan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Miftahul Huda Karangsono. 4). Untuk mendeskripsikan peran guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di MI Mifathul Huda Karangsono. Metode Penelitian: 1). Pendekatan dan Jenis Penelitian: Kualitatif, 2). Lokasi Penelitian: MI Miftahul Huda Karangsono Ngunut Tulungagung. 3). Kehadiran Peneliti: Peneliti hadir di lokasi penelitian sebagai instrument penelitian, 4). Instrumen Penelitian: Pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi. 5). Pengecekan keabsahan data: Triangulasi, pembahasan sejawat, perpanjangan kehadiran. Hasil penelitian: 1). Peranan guru sebagai demonstrator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika diaplikasikan melalui system pembelajaran terapan, dengan langkah sejak dari pengenalan materi dan kebutuhan sarana prasarana. Guna meningkatkan efektifitas peranannya maka diterapkan system komunikasi sejawat antar guru dengan guru yang lainnya. 2). Peranan guru sebagai pengelola kelas dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dilakukan dengan system pengelolaan terbuka dengan memberikan system kelas dan pembelajaran yang variatif dan memberikan ruang untuk remedial teaching. 3). Peranan guru sebagai mediator dan fasilitator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika dilakukan dengan cara memanfaatkan seluruh media dan sarana prasarana yang ada. 4). Peranan guru sebagai evaluator dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika diterapkan melalui perencanaan yang matang dan pemberian peluang untuk remedial teaching bagi siswa yang kurang berhasil.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163052 EMI NUR AZLINA
Date Deposited: 05 Mar 2024 01:47
Last Modified: 05 Mar 2024 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43707

Actions (login required)

View Item View Item