PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM LAMPUNG TENGAH

HUSNUN NIDA' ISYFINA, 12201193154 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs MIFTAHUL ULUM LAMPUNG TENGAH. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah” ini ditulis oleh Husnun Nida’ Isyfina, NIM. 12201193154, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata kunci : Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi yang dilakukan dalam proses pembelajaran yang terlalu monoton, sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Menyebabkan kurangnya respon siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Model pembelajaran Problem Based Learning dipilih karna sesuai dengan tujuan dari mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu mengembangkan potensi siswa agar peka terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau dan memiliki pemikiran kritis untuk memahami secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah. Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam penelitian ini mempengaruhi hasil belajar siswa pada aspek kognitifnya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah dalam mengikuti pembelajaran tersebut. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah yang terdiri dari 4 kelas dan berjumlah 174 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C yang berjumlah 44 siswa yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan VII D yang berjumlah 43 siswa yang digunakan sebagai kelas kontrol. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling yang berupa Purposive Sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah kelas VII C dan kelas VII D MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket), teknik tes (posttest), dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji paired sample t-test (uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan, respon siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah sudah terlaksana dan diterapkan dengan baik, yakni dengan persentase sebesar 81,25%. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah termasuk dalam kategori baik, yakni dengan persentase sebesar 83,07%. Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Lampung Tengah pada mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Dari analisis data memiliki Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Sehingga H_0 ditolak dan H_1 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193154 HUSNUN NIDA' ISYFINA
Date Deposited: 22 Feb 2024 03:58
Last Modified: 22 Feb 2024 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43779

Actions (login required)

View Item View Item