SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 TULUNGAGUNG

AINUR ROSIDA, 2811123047 (2016) SUPERVISI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Supervisi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Ainur Rosida, NIM. 2811123047, pembimbing Dr. H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Kata Kunci : Supervisi Kepala Madrasah, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai supervisor di lembaga pendidikan Islam, yang ditujukan terhadap kinerja guru dimana guru merupakan seorang pendidik yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan peserta didik, penelitian ini diadakan di MAN 2 Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MAN 2 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan Pendekatan observasi, dokumentasi dan wawancara (1) Observasi dilakukan untuk mengamati situasi dan kondisi di MAN 2 Tulungagung (2) Dokumentasi digunakan untuk menguatkan data yang diperoleh (3) Wawancara digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan sesuai dengan fokus dari berbagai informan. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan memakai perpanjang kehadiran, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini terkait (1) Perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Tulungagung yaitu yang pertama, kepala madrasah membuat jadwal kegiatan supervisi kunjungan kelas yang juga diketahui oleh guru. Kedua, membuat instrument observasi yang nantinya digunakan dalam pelaksanaan supervisi sebagai alat penilaian. Ketiga, menentukan metode dan teknik untuk pelaksanaan supervisi. (2) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 2 Tulungagung yaitu yang pertama, pelaksanaan supervisi merupakan program tahunan yang dilaksanakan, Kedua, kepala madrasah tidak hanya berperan sebagai supersivor akan tetapi juga sebagai fasilitator dan motivator. Ketiga, supervisi dilaksanakan dengan pemberitahuan terlebih dahulu dan hal tersebut mendapatkan respon yang positif dari guru. Keempat, tujuan dari pelaksanaan supervisi terfokus pada peningkatan kinerja guru kemudian juga seberapa besar pelaksanaan supervisi berpengaruh pada penguasaan materi yang diberikan guru kepada peserta didik. Kelima, pelaksanaan supervisi menggunakan model supervisi campuran tetapi lebih sering menggunakan supervisi model klinis dan ilmiah, sedangakan untuk teknik supervisi kepala madrasah di MAN 2 Tulungagung menggunakan teknik kelompok dan perseorangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123047 AINUR ROSIDA
Date Deposited: 27 Jan 2017 08:15
Last Modified: 27 Jan 2017 08:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4394

Actions (login required)

View Item View Item