NADILA MAYANG SARI, 12206183104 (2024) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BAIK PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK ISLAM AN-NUUR BOLOREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (838kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (736kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Baik pada Anak Usia 4- 5 Tahun di TK Islam An-Nuur Bolorejo Tulungagung” ini ditulis oleh Nadila Mayang Sari, NIM. 12206183104, Program Stud Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci: Pelaksanaan Pendidikan Karakter Baik. Penelitian ini didasarkan pada kondisi di lapangan bahwa pentingnya pendidikan karakter pada anak sejak dini karena hal tersebut akan berpengaruh pada perkembangan moral anak di masa yang akan datang. Pelaksanaan pendidikan karakter pada anak sejak dini dapat dilakukan melalu beberapa metode seperti pemberian nasehat, keteladanan dan pembiasaan. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu: (1) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter baik pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam An-Nuur Bolorejo Tulungagung?, (2) metode apa yang digunakan dalam mendidik karakter baik pada anak usia 4-5 tahun di TK Islam An-Nuur Bolorejo Tulungagung?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan metode yang digunakan dalam pendidikan karakter baik pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK Islam An-Nuur Bolorejo Tulungagung. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data untuk penelitian ini yaitu observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Langkah-langkah dalm analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekkan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: (1) pelaksanaan pendidikan karakter baik pada anak usia 4-5 tahun, Pertama yaitu karakter disiplin antara lain anak datang ke sekolah tepat waktu, anak-anak belajar dengan tekun dan membiasakan senyum sapa dan salam kepada guru maupun orang lain. Kedua, karakter tanggung jawab yaitu guru selalu menghimbau para siswa untuk membuang sampah ke tempat sampah yang sudah di sediakan disekolah, guru mengajak anak untuk mengerjakan tugas kelompok. Guru selalu mengajarkan anak untuk mengucapkan maaf ketika berbuat salah. Ketiga, karakter mandiri guru selalu mengajarkan kepada anak ketika selesai melakukan semua kegiatan untuk selalu mencuci tangan, ketika anak-anak selesai bermain, guru selalu memghimbau anak-anak untuk mengembalikan dan merapikan mainan yang sudah digunakan ke tempat semula, ketika anak ingin ke kamar mandiri, guru selalu membiasakan anak untuk pergi ke kamar mandi sendiri saat ingin buang air kecil, guru selalu memberikan contoh terlebih dahulu. Guru selalu memberikan apresiasi berupa pujian hebat, pintar, mandri, dan lain-lain kepada anak yang mampu displin dan mandiri. Untuk meningkatkan kualitas karakter anak, guru selalu melakukan evaluasi yang dilakukan setiap bulan. (2) Metode yang digunakan dalam mendidik karakter baik pada anak usia 4-5 tahun yaitu pemberian nasihat, pembiasaan dan keteladanan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pendidikan Anak Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183104 NADILA MAYANG SARI |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 02:49 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43974 |
Actions (login required)
View Item |