STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

ADISYA AJENG PUTRI PAMUNGKAS, 12201193010 (2024) STRATEGI GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS VII DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan Judul "Strategi Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas VII Di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Adisya Ajeng Putri Pamungkas, NIM. 12201193010, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Al-Qur’an Hadits, Baca Tulis Al-Qur'an Dalam konteks penelitian ini menggambarkan bahwa kemampuan baca tuis Al-Qur’an siswa pada zaman sekarang semakin berkurang, masih banyak siswa yang sudah bisa membaca tetapi belum dengan kaidah tajwid serta makhorijul huruf yang sesuai dan benar. Maka dari itu para guru diharapkan untuk memilih strategi yang tepat agar dapat menciptakan perubahan baca tulis Al-Qur’an pada siswa serta bisa memahami dan menguasai ilmu tajwid dan makhorijul huruf yang benar. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi guru dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa kelas VII di MTsN 1 Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis enelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, obeservasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Analisa interaktif dari Milles Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan teknik kredibilitas meliputi triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan strategi guru dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur'an pada siswa di MTsN 1 Tulungagung.. Yang pertama yaitu guru menetapkan target pembelajaran, kemudian guru menyiapkan sarana dan prasarana atau media yang digunakan dalam pembelajaran. (2) Pelaksanaan strategi guru dalam meningkatkan baca tulis AlQur'an pada siswa di MTsN 1 Tulungagung terdiri dari guru menentukan metode yang digunakan, yaitu Metode Ceramah, metode Latihan dan metode tanya jawab. dan untuk tahapan pelaksanaannya itu yang pertama pembukaan yakni guru memimpin doa mengecek kehadiran peserta didik, dan lain-lain. Selanjutnya yaitu Apersepsi artinya mengulangi pembelajaran yang lalu untukdikaitkan dengan pembelajaran yang selanjutnya. (3) Evaluasi strategi guru dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur'an pada siswa di MTsN 1 Tulungagung ialah dilaksanakan evaluasi dalam satu bulan sekali, guru menggunakan ulangan harian untuk pengembilan nilai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193010 ADISYA AJENG PUTRI PAMUNGKAS
Date Deposited: 05 Mar 2024 04:12
Last Modified: 05 Mar 2024 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/43975

Actions (login required)

View Item View Item