IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 PANGGUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SULIS SETIYAWATI, 2811123216 (2016) IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 PANGGUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (484kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Panggul” ini ditulis oleh Sulis Setiyawati, NIM 2811123216, dengan dibimbing oleh Dr. H. Abdul Manab, M.Ag. Kata Kunci: Impementasi,pembelajaran tematik, prestasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pembelajaran tematik dapat meningatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Panggul. Penggunaan strategi tematik untuk pembelajaran PAI yang sudah diterapkan oleh Guru PAI ini dianggap cocok untuk diimplementasikan dan menunjang motivasi belajar sehingga pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran PAI. Hal inilah yang membuat sekolah tersebut terkenal sebagai sekolah yang bermutu meskipun berada di desa. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Mengapa diberlakukan adanya pembelajaran tematik di SMAN 1 Panggul? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 panggul? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Panggul? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui alasan diberlakukannya adanya pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI (2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Panggul? (3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran tematik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Panggul. Kegunaan skripsi ini dibagi menjadi dua (1) Secara teoritis, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumbangan hasanah ilmu pengetahuan, serta bisa sebagai bahan referensi tambahan di perpustakaan SMAN 1 Panggul. (2) Secara Praktis, Hasil penelitian ini dijadikan prasyarat untuk memenuhi tugas akhir kuliah serta memberikan pengetahuan dan pengalaman lapanagan kepada peneliti dan bermanfaat peneliti. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara,dokumentasi, observasi. Tehnik analisis data menggunakan eksplorasi Building. Hasil dari penelitian ini adalah (1) SMA Negeri 1 Panggul menerapkan pembelajaran tematik karena pmbelajaran ini sangat mudah dipelajari oleh peserta didik maupun oleh guru mata pelajaran PAI. (2) Dalam pembelajaran ini proses yang dinilai sangat banyak. Guru tidak memberi materi saja tetapi juga memotivasi agar peserta didiknya mendapatkan prestasi yang baik. yang baik. Pembelajaran tematik sangat mudah dipahami oleh siswa karena mengandung nilai-nilai dengan kegiatan sehari-hari. (3) Peserta didik bisa membandingkan antara baik dan buruk bisa memecahkan masalah dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123216 SULIS SETIYAWATI
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:02
Last Modified: 30 Dec 2016 04:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4399

Actions (login required)

View Item View Item