ALVI DURROTIN ARFIAH, 12206173018 (2024) PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA BUNDA BOGO NGANJUK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (486kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (289kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (24kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Busy Book terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk” ini ditulis oleh Alvi Durrotin Arfiah NIM: 12206173018. Pembimbing: Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci:Media Busy Book,Perkembangan Bahasa, Anak Usia 5-6 Tahun Permasalahan bahasa bagi anak usia dini terutama yang berkaitan dengan kemampuan berbicara terkait erat dengan pendengaran, lingkungan belajar, dan kemampuan dari anak itu sendiri. Sehingga anak usia 5-6 tahun mengalami kesulitan dan belum berkembang secara optimal. Peran media dalam proses pembelajaran khususnya untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) penting bagi perkembangan bahasa anak pada masa berpikir praoperasional. Media Busy Book membantu guru dalam belajar mengenalkan huruf dan merangkai huruf menjadi sebuah kata. Media Busy Book dapat memotivasi anak,sehinggaanak tidak merasa bosan dalam proses belajar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Media Busy Book anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk? (2) Bagaimana perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk? (3) Bagaimana pengaruh media Busy Book terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianPre-Test Post-Test Control Group Design. Dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk usia 5-6 tahun. Peneliti menggunakan teknik Probability Sampling dengan menggunakan Sampling Jenuh diperoleh 30 siswa. Kelas A-1 berjumlah 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas A-2 berjumlah 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Analisis data melalui uji coba instrumen penelitian, uji prasyarat hipotesis, analisis deskriptif, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan (1) dalam menerapkan Media Busy Book, peneliti menyesuaikan RPP dengan tema kendaraan subtema kendaraan roda dua/ sepeda. (2) Adapun perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk pada penelitian ini berupa nilai Pre Test dan Post Test kelas kontrol dan kelas perlakuan. Hasil perhitungan nilai rata-rata menunjukkan bahwa pada tahap Pre Test dan Post Test, kelas eksperimen memiliki nilai lebih besar dari pada kelas control dengan kriteria berkembang sesuai harapan. (3) Berdasarkan pengujian hipotesis bahwa terdapat pengaruh Media Busy Bookterhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Mutiara Bunda Bogo Nganjuk. Berdasarkan nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen sebesar 95,00 % (efektif) dan kelas kontrol 64,29 % (cukup efektif). Perhitungan effect size menunjukkan Media Busy Book berpengaruh terhadap perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Mutiara Bunda Bogo Nganjuk sebesar 62,22 %.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206173018 ALVI DURROTIN 'ARFIAH |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:39 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44042 |
Actions (login required)
View Item |