PEMANFAATAN DIGITAL FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TULUNGAGUNG

ZAKIYATUL ILMA SALSABILA, 12404193069 (2024) PEMANFAATAN DIGITAL FUNDRAISING DALAM MENINGKATKAN PEROLEHAN DANA ZAKAT, INFAK, DAN SEDEKAH PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover..pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
BAB I..pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB VI..pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pemanfaatan Digital Fundraising dalam Meningkatkan Perolehan Dana Zakat, Infak, dan Sedekah di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Zakiyatul Ilma Salsabila, NIM 12404193069, Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Jurusan Manajemen dan Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi informasi di masyarakat terutama pada media digital. Saat ini, pemanfaatan media digital ini juga telah digunakan dalam kegiatan penghimpunan dana pada suatu lembaga dan menunjukkan adanya keberhasilan dari pemanfaatan media digital tersebut. Namun, keberhasilan pemanfaatan media digital dalam penghimpunan dana ini juga bergantung pula pada ketepatan pemanfaatan media dan peluang pada lembaga itu sendiri dan juga kondisi dari masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini memiliki 2 fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan digital fundraising dalam meningkatkan perolehan dana zakat, infak, dan sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung?, (2) Bagaimana dampak pemanfaatan digital fundraising dalam meningkatkan perolehan dana zakat, infak, dan sedekah pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi, yaitu triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pemanfaatan digital fundraising di BAZNAS Kabupaten Tulungagung dilakukan dengan memanfaatkan media sosial dan website sebagai media promosi dan komunikasi, serta layanan QRIS dan transfer sebagai media untuk pembayaran. (2) Dampak dari pemanfaatan digital fundraising di BAZNAS Kabupaten Tulungagung terbukti mampu memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap peningkatan perolehan dana zakat, infak, maupun sedekah meskipun belum signifikan. Hal ini disebabkan karena sebagian besar muzakki dan munfiq di BAZNAS Kabupaten Tulungagung masih banyak yang memilih untuk membayar secara tunai daripada secara online. Kata Kunci: Media, Teknologi, Digital Fundraising

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Ekonomi > Kinerja Keuangan
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 12404193069 ZAKIYATUL ILMA SALSABILA
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:38
Last Modified: 08 Mar 2024 08:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44052

Actions (login required)

View Item View Item