PEMBACAAN SURAH YASIN, AL WAQIAH DAN AL MULK DI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLAH AL-QUR’ANIYYAH SOBONTORO TULUNGAGUNG (Studi Living Quran)

AFRIZA SYAHRUL MUBAROK, 126301203115 (2024) PEMBACAAN SURAH YASIN, AL WAQIAH DAN AL MULK DI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLAH AL-QUR’ANIYYAH SOBONTORO TULUNGAGUNG (Studi Living Quran). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penjelasan bahwa al-Qur’an sebagai pijakan umat islam yang bukan hanya berdaya guna sebagai bacaan, akan tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an dapat digunalan sebagai ikhtiyar untuk membangun perilaku seseorang. Maka, penulis sangat tertarik untuk menelaah lebih dalam lagi tentang pemhaman Masyarakat mengenai fad>{ilah pembiasaan pembacaan tiga surah-surah pilihan setelah salat magrib. Pembiasaan Pembacaan Surah-surah pilihan yakni surah Yasin, al-Waqiah dan al-Mulk Setelah Sholat Magrib di Pondok Pesantren Ar-Raudlah Al-Qur’aniyyah Sobontoro Tulungagung, berlaku wajib bagi seluruh warga pondok pesantren tanpa terkecuali. Kegiatan ini dilakukan setelah salat magrib berjaah serta dengan mengunkan metode pembacaan secara tartil yang di oleh pimpin pengasuh pondok pesantren atau yang sedang mewakili. Penelitian ini terfokus kepada (1) pengasuh tentang memahami makna dari tradisi pembacaan surah-surah pilihan (2) perilaku yang kelihatan dari hasil tradisi pembacaan surah-surah pilihan (3) afiliasi antara tradisi tradisi pembacaan surah-surah pilihan dengan perilaku santri yang mengamalkannya. Tulisan ini mengunakan pedekatan etnografi melalui penelitian Living Quran dengan metode deskriptif kualitatif, serta menggunakan teori sosiologi pengetahuan Karl Maanheim. Penulis langsung kelapangan dengan tujuan untuk menanyakan bagaimana pemahaman pengasuh tantang surah-surah pilihan yang menjadi tradisi pembacaan di Pondok Pesantren Ar-Raudlah Al-Qur’aniyyah. Hasil dari penelitian dengan analisis tersebut bisa di temukan bahwa makna tradisi Pembacaan Surah Yasin, al-Waqiah dan al-Mulk setelah salat Magrib adalah: Makna Objektif, para santri semangat dan merespon dengan baik adanya tradisi pembacaan ketiga pilihan surah tersebut. Makna Ekpresif, para santri merasa mendapatkan fad>{ilah dari apa yang telah meleka usahakan, iantaranya mendapatkan ketenangan hati dan pikiran, terbukanya feeling dan murahnya rizki. Makna Documenter, pelaku belum sepenuhnya tau bahwa tradisi yang mereka lakukan akan berdampak positif baginya serta dapat digunakan untuk pegangan di dunia hingga di ahirat kelak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 126301203115 AFRIZA SYAHRUL MUBAROK
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:31
Last Modified: 21 Mar 2024 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44405

Actions (login required)

View Item View Item