FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH INTERNET BANKING PADA BANK MUAMALAT TULUNGAGUNG

ARIFUL FAUZI, 3223103011 (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH DALAM MEMILIH INTERNET BANKING PADA BANK MUAMALAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah dalam Memilih Internet Banking pada Bank Muamalat Tulungagung” ini ditulis oleh Ariful Fauzi, NIM 3223103011 Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonoi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Nur Aini Latifah, SE.MM., NIP 19700901199903 2 002 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemajuan teknologi yang semakin canggih sekarang ini, diyakini berkontribusi besar pada pertumbuhan yang signifikan pada sektor jasa perbankan. Teknologi informasi (IT) berperan signifikan dalam menunjang daya saing setiap perusahaan perbankan, misalnya dalam hal operasional, pembentukan departemen layanan pelanggan tersentralisasi, dan pengembangan database marketing yang akurat. Salah satu bentuk penggunaan TI adalah Internet Banking. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi nasabah dalam memilih internet banking pada Bank Muamalat Tulungagung? 2) Faktor apa yang dominan mempengaruhi nasabah dalam memilih internet banking pada Bank Muamalat Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan peneltian ini adalah 1) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi nasabah dalam memilih internet banking pada Bank Muamalat Tulungagung? 2) Untuk mengetahui faktor yang dominan mempengaruhi nasabah dalam memilih internet banking pada Bank Muamalat Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan metode angket, observasim dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang faktor-faktor yang mendasari nasabah dalam memilih internet banking yang selanjutnya digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi dan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh yang signifikan dari kemudahan penggunaan, kenyamanan penggunaan, kepercayaan, nasabah dan kelengkapan fitur secara bersama-sama terhadap penggunaan internet banking pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Tuluangagung. Besarnya persentase pengaruh kemudahan penggunaan, kenyamanan penggunaan, kpercayaan nasabah dan kelengkapan fitur secara bersama-sama terhadap penggunaan internet banking Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Tulungagung sebesar 27,9% sedangkan sisanya 72,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. 2) dari beberapa faktor yang telah diujikan, faktor kepercayaan adalah faktor yang paling dominan yang mempengaruhi nasabah dalam memilih internet banking yaitu pengaruh sebesar 0,339, selanjutnya sebesar 0,261 untuk kemudahan, sebesar 0,158 kenyamanan, sebesar 0,043 untuk kelengkapan fitur. Kata kunci: penggunaan Internet Banking, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Kepercayaaan Nasabah dan Kelengkapan Fitur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Muamalat
Ekonomi > Nasabah
Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 3223103011 ARIFUL FAUZI
Date Deposited: 02 Apr 2024 07:34
Last Modified: 02 Apr 2024 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44440

Actions (login required)

View Item View Item