SALMA SALSABILA, 12206193107 (2024) PENGARUH MEDIA BUKU CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN FATAH PODOREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
Abstract
Salsabila, Salma. (2023). Pengaruh Media Buku Cerita terhadap Kemampuan Membaca Anak Kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci : Media Buku Cerita, Kemampuan Membaca Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ada di RA Raden Fatah Podorejo pada kelompok B, yakni adanya beberapa anak yang belum pandai atau belum lancar dalam membaca, bahkan ada juga yang belum bisa membaca. Selain itu kegiatan pemeblajaran di RA Raden Fatah Podorejo khususnya dalam kegiatan belajar membaca cenderung monoton, sehingga anak-anak kurang tertarik dan mudah bosan. Hal tersebut mengakibatkan tidak adnya peningkatan terhadap kemampuan membaca. Dalam pembelajaran membaca seorang pendidik memerlukan penggunaan media, salah satunya penggunaan media buku cerita untuk membantu dalam kemampuan membaca sehingga mendapatkan peningkatan hasil belajar yang optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh media buku cerita terhadap kemampuan membaca pada kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo”. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh media buku cerita terhadap kemampuan membaca anak pada kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan jenis desain quasi eksperimental, dengan subjek anak usia 5-6 tahun yakni kelompok B2 dan B3 yang berjumlah lima puluh satu anak. Kelas B2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah dua puluh lima dan kelas B3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah dua puluh enam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample T test dan uji Effect Size d Cohen’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) ada pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca anak di RA Raden Fatah Podorejo dengan nilai signifikasi 0,021<0,05. (2) besar pengaruh penggunaan media buku cerita terhadap kemampuan membaca pada kelompok B di RA Raden Fatah Podorejo adalah 0,553 yang memiliki interprestasi besar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193107 SALMA SALSABILA |
Date Deposited: | 29 Mar 2024 04:24 |
Last Modified: | 29 Mar 2024 04:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44633 |
Actions (login required)
View Item |