PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 5 BLITAR

SILVI TITA SARI, 12211193006 (2023) PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (705kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Blitar” ini ditulis oleh Silvi Tita Sari, NIM. 12211193006. Program studiTadris Fisika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si.,M.Si. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA mengakibatkan hasil belajar siswa tergolong rendah. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru menjadikan siswa kurang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa masih kesulitan untuk memahami materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu , diperlulan model pembelajaran yang tepat agar pembelajaran berlangsung efektif. Salah satu pembelajaran yang digunakan adalah Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa Kelas VIII MTsN Blitar, 2) Untuk megetahui seberapa besar pengaruh pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian Quasi-Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 5 Blitar tahun ajaran 2022/2023. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sehingga dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan VII-D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian yanng diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan Uji Independent sample t-test. Dari analisa diperoleh sig (2-tailed) = 0,006 dan dengan α = 0,05 yang berarti sig. (2- tailed) 0,006 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh model contextual teaching and learning(CTL) terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi hasil belajar adalah 0,876 yang berarti memiliki pengaruh sangat besar. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193006 SILVI TITA SARI
Date Deposited: 08 May 2024 07:28
Last Modified: 08 May 2024 07:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44758

Actions (login required)

View Item View Item