GESTURE SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN GAYA BELAJAR KELAS VIII DI SPM AL-KAMAL BLITAR

NUR ADINA, 12204173175 (2024) GESTURE SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG BERDASARKAN GAYA BELAJAR KELAS VIII DI SPM AL-KAMAL BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Gesture Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Bangun Ruang Berdasarkan Gaya Belajar Kelas VIII di SMP Al-Kamal Blitar” ini ditulis oleh Nur Adina, NIM 12204173175, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci: gesture, pemecahan masalah matematika, gaya belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya gesture siswa dalam memecahkan masalah. Namun tidak semua siswa memiliki gesture yang sama dalam memecahkan masalah. Adapun mereka yang banyak melakukan gesture maupun yang sedikit melakukan gesture. Gaya belajar dari masing-masing siswa akan membantu mengetahui gesture apa saja yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan gesture siswa dalam memecahkan masalah pada materi bangun ruang berdasarkan gaya belajar auditorial, mendiskripskan gesture siswa dalam memecahkan masalah pada materi bangun ruang berdasarkan gaya belajar kinestetik, dan mendiskripsikan gesture siswa dalam memecahkan masalah pada materi bangun ruang berdasarkan gaya belajar visual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII-A SMP AL-Kamal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah tringulasi data. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) gesture siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang berdasarkan gaya belajar auditorial adalah gesture menunjuk, gesture menulis, dan gesture representasional, dimana gesture menulis adalah gesture yang paling sering digunakan. 2) gesture siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang berdasarkan gaya belajar kinestetik adalah gesture menunjuk, gesture menulis, dan gesture representasional, dimana gesture menunjuk adalah gesture yang paling sering digunakan, dan 3) gesture siswa dalam memecahkan masalah bangun ruang berdasarkan gaya belajar visual adalah gesture menunjuk, gesture menulis, dan gesture representasional, dimana gesture menunjuk juga menjadi gesture yang paling sering digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204173175 NUR ADINA
Date Deposited: 05 Apr 2024 04:40
Last Modified: 05 Apr 2024 04:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44817

Actions (login required)

View Item View Item