ELFA NIA DAMAYANTI, 12206183006 (2024) PENGARUH PELAKSANAAN KEGIATAN BERMAIN PERAN TERHADAP RASA PERCAYA DIRI ANAK USIA DINI DI RA KARTINI PAKISREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Elfa Nia Damayanti. 12206183006. 2023. “Pengaruh Pelaksanaan Kegiatan Bermain Peran Terhadap Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini di RA Kartini Pakisrejo”, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing : Zun Azizul Hakim, M.Psi. Kata Kunci : Bermain Peran, Rasa Percaya Diri Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak yang memiliki permasalahan kurang percaya diri. dengan menunjukkan karakter cenderung pendiam dan kurang dalam berinteraksi, kurang yakin dengan kemampuan yang dimiliki, masih menunjukkan sikap pemalu. Dengan adanya permasalahan tersebut peneliti berinisiatif untuk melakukan penelitian menggunakan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan rasa percaya diri anak usia dini di RA Kartini Pakisrejo. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kegiatan bermain peran dalam meningkatkan rasa percaya diri pada subjek penelitian di RA Kartini Pakisrejo? (2) Apakah kegiatan bermain peran menunjukkan perubahan terhadap rasa percaya diri pada subjek penelitian di RA Kartini Pakisrejo?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen Single Subject Reseach (SSR) dengan desain A-B-A yang terdiri dari tiga kondisi yaitu kondisi baseline 1, intervensi, dan baseline 2. Subjek yang diamati adalah siswa dari RA Kartini Pakisrejo, berjumlah tiga anak, berusia 5-6 tahun dengan subjek AV, RF, dan AS. Pengumpulan data diperoleh menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh kegiatan bermain peran dalam meningkatkan rasa percaya diri subjek, yaitu dengan perhitungan hasil overlop analisis antar kondisi pada baseline 1 ke intervensi seluruh subjek menunjukkan presentase 0% yang artinya kegiatan bermain peran memberikan pengaruh positif untuk meningkatkan rasa percaya subjek. Untuk melihat ada atau tidaknya perubahan yaitu dengan melakukan perbandingan analisis antar kondisi pada perubahan level baseline 1 ke intervensi menunjukkan adanya peningkatan. Pada subjek AV menunjukkan hasil 17,5 pada subjek RF 15, dan pada subjek AS 12,5 yang artinya bahwa kegiatan bermain peran memberikan pengaruh positif berupa peningkatan rasa percaya diri pada subjek penelitian di RA Kartini Pakisrejo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206183006 ELFA NIA DAMAYANTI |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 03:02 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 03:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44824 |
Actions (login required)
View Item |