PENGARUH POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MIN 2 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

FARA ZULFA KURNIA, 12205193245 (2023) PENGARUH POLA ASUH OTORITER ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MIN 2 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pola asuh otoriter orang tua adalah pola asuh yang menekankan segala aturan yang harus dituruti. Hasil belajar adalah perubahan diri dari tidak tahu menjadi tahu dari segi pengetahuan, keterampilan, maupun sikap. Keberhasilan belajar seorang siswa tidak semata-mata dipengaruhi oleh faktor internal di dalam lingkungan sekolah, melainkan melibatkan kolaborasi antara sekolah dan keluarga. Dalam pola asuh otoriter cenderung fokus pada kontrol dan kepatuhan, dengan kurangnya perhatian terhadap pengembangan aspek emosional siswa, hal ini dapat mempengaruhi pengembangan motivasi intrinsik yang diperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal secara berkelanjutan. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah ada pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar dan seberapa besar pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar dan besarnya pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas III di MIN 2 Blitar. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi. Populasi pada penelitian seluruh siswa/i kelas III di MIN 2 Blitar yang terdapat setiap kelas, sedangkan sampel berjumlah 14 orang siswa dengan metode Purposive Sampling mengunakan rumus slovin. Pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Likert. Teknik analisis data dengan menggunakan program SPSS. Versi.23. Hasil penelitian : Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji koefisien korelasi product moment. Koefesien yang diperoleh sebesar -.867 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang kuat antara pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa tetapi tidak searah, artinya semakin tinggi pola asuh otoriter orang tua maka semakin rendah hasil belajar siswa. Koefesien determinasi R Square yang diperoleh dalam penelitian ini bernilai 0,751 atau 75,1%, hal ini menujukan bahwa pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 75% dan selebihnya yaitu 25% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193245 FARA ZULFA KURNIA
Date Deposited: 06 May 2024 02:33
Last Modified: 06 May 2024 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/44912

Actions (login required)

View Item View Item