PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

NUTHQI LATHIFATUL HUMAIDAH, 2817123126 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Nuthqi Lathifatul Humaidah, NIM: 2817123126, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran PKn di Madrasah, yang prestasi belajar peserta didiknya masih rendah dan peserta didik cenderung pasif. Penggunaan, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan saling membantu untuk menguasai pelajaran agar tercapainya prestasi belajar secara maksimal. Dalam penelitian ini masalah yang akan dipecahkan oleh peneliti adalah (1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan pusat, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan sistem pemerintahan pusat, dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan pusat, dapat meningkatkan kemampuan peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung, (2) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pokok bahasan sistem pemerintahan pusat, dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang dipakai berupa tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Indicator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn dengan melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti, dan akhir. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata peserta didik yang awalnya 64,13 (pree test), meningkat menjadi 70,21 (post test siklus I), dan meningkat lagi menjadi 81, 20 (post test siklus II). Selain itu, peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajarnya. Terbukti dengan prosesntase ketuntasan belajar dari 39, 13% (pree test) meningkat menjadi 56,52% (post test siklus I), dan meningkat kembali menjadi 85,71% (post test siklus II). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn peserta didik kelas IV di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123126 NUTHQI LATHIFATUL HUMAIDAH
Date Deposited: 06 Jan 2017 07:44
Last Modified: 06 Jan 2017 07:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4512

Actions (login required)

View Item View Item