FARISKA ERLICARERA, 12204193180 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PHYTHAGORAS DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (952kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (213kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras ditinjau dari Self Regulated Learning pada Siswa Kelas VIII MTsN 8 Tulungagung” ditulis oleh Fariska Erlicarera, NIM. 12204193180, pembimbing Beni Asyhar, S. Si., M. Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Teorema Pythagoras, Self Regulated Learning Proses pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika seringkali pemahaman siswa hanya menuliskan hasil akhir jawaban tanpa menuliskan langkah-langkah pengerjaan dengan runtut dan benar. Sehingga siswa tidak mampu menyelesaikan soal sesuai dengan kemampuan komunikasi matematisnya. Dalam mengembangkan kemampuan komunikasi matematis perlu menanamkan sikap dalam pembelajaran matematika yaitu self regulated learning. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi matematis sangat diperlukan siswa untuk menyelesaikan soal matematika yang ditinjau dari self regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras yang memiliki self regulated learning tinggi pada siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras yang memiliki self regulated learning sedang pada siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah teorema pythagoras yang memiliki self regulated learning rendah pada siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif, jenis studi kasus. Sebjek dalam penelitian ini 2 siswa dengan self regulated learning tinggi, 2 siswa dengan self regulated learning sedang, dan 2 siswa dengan self regulated learning rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis kemampuan komunikasi matematis, angket self regulated learning dengan materi teorema pythagoras, dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dapat dilihat dari ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa dengan self regulated learning tinggi mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu melukiskan atau mempresentasikan benda nyata, gambar dan diagram dalam bentuk ide dan simbol matematika; menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara tulisan dengan menggunakan benda nyata, gambar, grafik dan ekspresi belajar; dan menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika atau menyusun model matematika suatu peristiwa. (2) siswa dengan self regulated learning sedang mampu memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menjelaskan ide, situasi dan relasi matematik secara tulisan dengan menggunakan benda nyata, gambar, grafik dan ekspresi belajar. (3) siswa dengan self regulated learning rendah belum mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan komunikasi matematis
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193180 FARISKA ERLICARERA |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:22 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45129 |
Actions (login required)
View Item |