KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI

MUHAMMAD MILENIANDO EKO PRASTYO, 12204193082 (2023) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN BULAT BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (745kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (500kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (341kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi” ini ditulis oleh Muhammad Mileniando Eko Prastyo, NIM. 12204193082, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Bilangan Bulat, Teori Pemrosesan Informasi Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi di lapangan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan memecahkan masalah matematika. Sebagian siswa mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan soal pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan aktivitas intelektual untuk mencari penyelesaian masalah matematika dengan menggunakan hasil pengetahuan yang telah dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan bulat berdasarkan kemampuan pemrosesan informasi kognitif siswa, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan bulat berdasarkan kemampuan pemrosesan informasi verbal siswa, dan 3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bilangan bulat berdasarkan kemampuan pemrosesan informasi motorik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini berada di MTs Darissulaimaniyyah. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa, yaitu 2 siswa dengan kemampuan pemrosesan informasi kognitif, 2 siswa dengan kemampuan pemrosesan informasi verbal, dan 2 siswa dengan kemampuan pemrosesan informasi motorik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan bulat berdasarkan kemampuan pemrosesan informasi kognitif siswa memenuhi 4 indikator, yaitu memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali, 2) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan bulat berdasarkan kemampuan pemrosesan informasi verbal siswa memenuhi 3 dari 4 indikator, yaitu memahami masalah, membuat perencanaan, dan melaksanakan perencanaan, akan tetapi tidak memenuhi memeriksa kembali, serta 3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi bilangan bulat berdasarkan kemampuan pemrosesan informasi motorik siswa memenuhi 4 indikator, yaitu memahami masalah, membuat perencanaan, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali. Dengan catatan pada tahap memeriksa kembali siswa tidak menuliskan kesimpulan pada lembar jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193082 MUHAMMAD MILENIANDO EKO PRASTYO
Date Deposited: 23 May 2024 00:52
Last Modified: 23 May 2024 00:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45180

Actions (login required)

View Item View Item