PENDEKATAN ANALISIS STRENGHT, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, DAN THREAT (SWOT) DALAM STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM CV. BERTHYNE CONCEPTS (PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM)

ENIK FUAZAH, 17402163012 (2023) PENDEKATAN ANALISIS STRENGHT, WEAKNESS, OPPORTUNITIES, DAN THREAT (SWOT) DALAM STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM CV. BERTHYNE CONCEPTS (PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (577kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (837kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pendekatan Analisis Strenght, Weakness, Opportunities, Dan Threat (SWOT) Dalam Strategi Pemasaran UMKM “CV Berthyne Concepts” (Prespektif Ekonomi Islam)” ini ditulis oleh Enik Fuazah, NIM 17402163012, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag. Luas wilayah Indonesia berpengaruh pada Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia, mencipatakan peluang bisnis. Usaha Mikro Kecil Menengah salah satu bisnis yang berkembang pesat beberapa tahun belakangan rata-rata sekitar 2.02%. UMKM berperan penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional pada tingkat penyerapan tenaga kerja dan peningkatan PDB. Meskipun berpengaruh, UMKM tidak terlepas dari kendala internal maupun eksternal usaha itu sendiri. Butuhnya analisis yang tepat untuk menunjang pemasaran UMKM, salah satunya analisis Strenght Weakness Opportunities Treath. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui analisis Strenght, Weakness, Opportunities, Threat dalam manajemen UMKM CV Berthyne Concepts, 2) untuk mengetahui strategi yang tepat yang dilakukan UMKM CV Berthyne Concepts dalam pemasaran, 3) untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi pasar yang dilakukan UMKM CV Berthyne Concepts. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Berthyne Concepts. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di lakukan di CV Berthyne Concepts dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi yang diterapkan oleh CV Berthyne Concepts dapat diketahui strategi yang dihasilkan , mulai strategi SO, WO, ST, dan TW. Strategi tercipta dari analisis penggabungan antara faktor-faktor IFAS dan EFAS. Dari pembobotan IFAS dan EFAS menghasilkan strategi mengarah ke strategi agresif dengan berada di kuadran 1. Strategi yang diterapkan CV Berthyne Concepts mengarah ke strategi agresif dengan memaksimalkan potensi kekuatan dan peluang melalui 4 P (product, price, place, promotion) sehingga membuat meningkatkan SDM dan SDA. Secara ekonomi islam strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan aturan. Tidak melanggar spesifikasi produk, price, place dan promotion dalam ekonomi Islam. Produk halal dan berkualitas, harga disesuaikan kebutuhan, tempatnya untuk transaksi ada kejelasan, serta promosi dari CV Berthyne Concepts sesuai, jika ada kesalahan dikonfirmasi kepada pelanggan. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, UMKM Interior Desain, Analisis SWOT

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163012 ENIK FUAZAH
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:35
Last Modified: 24 Apr 2024 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45227

Actions (login required)

View Item View Item