DEFRAGMENTING STRUKTUR BERFIKIR SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI PEMUNCULAN SKEMA

AHMAD ARFANI, 17204163053 (2022) DEFRAGMENTING STRUKTUR BERFIKIR SISWA KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MELALUI PEMUNCULAN SKEMA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (627kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

ABSTRAK. Skripsi dengan judul “Defragmenting Struktur Berfikir Siswa Kelas VIIISMPN 1 Kalidawir dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbasis Higher OrderThinking Skill (HOTS) melalui Pemunculan Skema” ini ditulis oleh Ahmad Arfani,NIM. 17204163053, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan IlmuKeguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung,Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd.Kata Kunci: Defragmenting, Pseudo, HOTS, struktur berpikirDefragmenting struktur berpikir adalah salah satu metode untuk menataulang pikiran ketika mengalami kesalahan dalam proses menyelesaikan masalahsehingga menghasilkan struktur berpikir yang benar dan realistis dengan beberapaproses yaitu disequilibrasi, conflict cognitif, serta scaffolding. Ketika siswa dapatmemberikan jawaban yang benar belum tentu hasil jawaban tersebut diperoleh dariproses berpikir yang benar dan jawaban yang salah belum tentu berasal dari prosesberpikir yang salah, maka berdasarkan hal tersebut siswa dapat dikatakanmengalami proses berpikir pseudo. Kesalahan berpikir pseudo dapat diperbaikidengan defragmenting struktur berpikir melalui pemunculan skema. Oleh karenaitu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi tentang kesalahanstruktur berfikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis higher orderthinking skill (HOTS) serta upaya defragmentingnya melalui pemunculan skema.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yangdigunakan adalah 3 siswa SMPN 1 Kalidawir. Teknik pengumpulan datamenggunakan soal tes tulis dan wawancara. Teknik analisis data yaitu menganalisisdata tes tulis berdasarkan indikator berpikir pseudo. Kemudian memecah informasidata dari hasil wawancara yang dilakukan untuk menganalisis lebih dalam tentangberpikir pseudo dan proses defragmenting melalui pemunculan skema.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap siswa mengalami berpikirpseudo salah dan benar. Ketika siswa memberikan hasil akhir yang salah kemudiansetelah dilakukan refleksi siswa dapat memberikan hasil akhir yang benar, makadikatakan siswa mengalami pseudo salah. Jika siswa memberikan hasil akhir yangbenar, namun tidak dapat memberikan alasan dari hasil akhirnya, maka siswa dikatakan mengalami pseudo benar. Beberpa faktor yang mempengaruhi siswasehingga mengalami berfikir pseudo antara lain: (1) kurangnya pemahamanterhadap materi prasyarat. (2) Belajar hafalan. (3) Faktor kebiasaan. (4) Hilangnyatahap kontrol. Proses defragmenting melalui pemunculan skema yang dilakukanmelalui scaffolding untuk memunculkan skema berpikir siswa. Conflict cognitivedilakukan untuk menyadarkan kesalahan konsep siswa. Terakhir, disequilibrasidilakukan melalui pertanyaan-pertanyaan yang mengakibatkan siswa merefleksijawabannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163053 AHMAD ARFANI
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:00
Last Modified: 25 Apr 2024 01:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45252

Actions (login required)

View Item View Item