LINDA MEGA ANGGRIANI, 12201193037 (2024) PERAN GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PENGHAFAL AL-QUR'AN DI SMKN 2 NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (998kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (594kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (699kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (802kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) berperan dalam membentuk karakter religius peserta didik. Berbagai upaya harus dilakukan oleh guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) harus memiliki program atau rancangan di bidangnya dalam upaya mengembangkan potensi dan membentuk karakter religius serta akhlak karimah peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai inovator dalam menciptakan lingkungan penghafal Al-Qur’an di SMKN 2 Nganjuk. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai motivator dalam menciptakan lingkungan penghafal Al-Qur’an di SMKN 2 Nganjuk. (3) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI sebagai evaluator dalam menciptakan lingkungan penghafal Al-Qur’an di SMKN 2 Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber datanya ialah Kepala Sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian, Pertama, Peran guru sebagai inovator dalam menciptakan lingkungan penghafal Al-Qur’an adalah dengan mewajibkan peserta didik untuk menghafalkan juz 30 dan bagi yang sudah menyelesaikan target hafalan tersebut diminta untuk melanjutkan hafalan di juz selanjutnya yakni juz 29. Guru PAI menyusun kegiatan terkait dengan upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an, kegiatan tersebut ialah membiasakan peserta didik muraja’ah, setoran hafalan dengan metode setor langsung kepada guru dan tutor teman sebaya, dan membantu memperbaiki bacaan Al-Qur’an peserta didik. Kedua, Peran guru sebagai motivator dalam menciptakan lingkungan penghafal Al-Qur’an adalah dengan senantiasa memberikan semangat, nasihat, dan motivasi kepada peserta didik. Guru juga berupaya meningkatkan motivasi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an dengan memberikan hadiah dan hukuman. Ketiga, Peran guru sebagai evaluator dalam menciptakan lingkungan penghafal Al-Qur’an adalah dengan melakukan evaluasi dan memberikan penilaian dari hasil setoran hafalan peserta didik.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193037 LINDA MEGA ANGGRIANI |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 07:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 07:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45258 |
Actions (login required)
View Item |