ZAQIATUL IZZA, 17402163577 (2023) BATIK SRI SIJI DI NGANJUK JAWA TIMUR DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ANALISIS STRENGTH, WEAKNESS, OPPORTUNITY, AND THREATS GUNA MENINGKATKAN PANGSA PASAR PADA PRODUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (813kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (235kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (241kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Strength, Weakness, Opportunity, And Threats Guna Meningkatkan Pangsa Pasar Pada Produk Batik Sri Siji Di Nganjuk Jawa Timur Dalam Perspektif Ekonomi Islam” ini ditulis oleh Zaqiatul Izza, NIM 17402163577, Pembimbing Dyah Pravitasari, S.E, M.S.A. NIP 197701022014032001. Griya Batik Sri Siji merupakan Produk UMK dalam bidang kesenian batik yang ada di Nganjuk. Dalam hal ini Griya Batik Sri Siji berupaya menerapkan stategi yang tepat sehingga dapat meningkatkan pangsa pasarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Analisis SWOT guna meningkatkan pangsa pasar. Mendeskripsikan Matrik IFAS dan EFAS, mendeskripsikan strategi yang dilakukan, mendeskripsikan kendala yang dihadapi oleh Griya Batik Sri Siji. Mendeskripsikan solusi dalam menghadapi kendala tersebut dan Ekonomi Islam memandang strategi yang dilakukan. Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana analisis strategi bauran pemasaran yang diterapkan pada Griya Batik Sri Siji di Nganjuk Jawa Timur. 2) Bagaimana analisis SWOT (lingkungan eksternal dan lingkungan internal) guna meningkatkan pangsa pasar pada Griya Batik Tulis Sri Siji di Nganjuk Jawa Timur. 3) Bagaimana matrik EFAS dan IFAS pada analisis SWOT. 4) Bagaimana strategi yang dilakukan pada Griya Batik Sri Siji di Nganjuk Jawa Timur. 5) Apa saja kendala yang dihadapi Griya Batik Sri Siji dalam menerapkan strategi tersebut. 6) Bagaimana solusi dalam menghadapi kendala pada Griya Batik Sri Siji di Nganjuk Jawa Timur. 7) Bagaimana ekonomi islam memandang strategi yang dilakukan Griya Batik Sri Siji di Nganjuk Jawa Timur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data-data yang telah diperoleh dari Griya Sri Siji selanjutnya akan dideskripsikan secara terperinci dan sesuai dengan keadaan yang terjadi pada Griya Batik Sri Siji, untuk kemudian dibandingkan dengan dengan teori yang sudah ada termasuk tinjauan dalam perspektif Islam. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk yang diterapkan Griya Batik Sri Siji dalam upaya meningkatkan pangsa pasar yaitu diimplementasikan melalui strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat dengan menggunakan analisis SWOT. Berdasakan hasil penelitian yang diperoleh tentang strategi pemasaran produk dalam upaya meningkatkan pangsa pasar pada Griya Batik Sri Sijisudah baik hanya saja kurang optimal pada bagian promosi dengan menggunakan media sosial seharusnya ditingkatkan lagi supaya mempermudah mengakses informasi mengenai produk. Hal ini ditunjukkan dengan kurangnya presentase tingkat penjualan ditinjau dari media sosial. Kata Kunci : Strategi bauran pemasaran, analisis SWOT, pangsa pasar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Perbankan Syariah Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 17402163577 ZAQIATUL IZZA |
Date Deposited: | 03 May 2024 04:35 |
Last Modified: | 03 May 2024 04:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45426 |
Actions (login required)
View Item |