STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG KELONTONG DALAM MENGHADAPI KEBERADAAN PASAR RITEL MODERN (Studi Kasus Pasar Gambar Wonodadi)

JULIA NAFAIR ZUBAIDI, 12405193200 (2024) STRATEGI BERTAHAN PEDAGANG KELONTONG DALAM MENGHADAPI KEBERADAAN PASAR RITEL MODERN (Studi Kasus Pasar Gambar Wonodadi). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Bertahan Pedagang Kelontong Dalam Menghadapi Keberadaan Pasar Ritel Modern (Studi Kasus Pasar Gambar Wonodadi)” yang ditulis Julia Nafair Zubaidi, NIM 12405193200, yang dibimbing oleh Dr. Refki Rusyadi, M.Pd.I. Mengingat banyaknya persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang saling bertarung merebut konsumen di setiap lini, pemasaran menjadi suatu hal yang sangat penting. Peluang pemasaran selalu terbuka untuk semua pelaku usaha, asal seorang pelaku usaha tersebut harus selalu bisa untuk melakukan inovasi dan kreatif dalam mengembangkan pasar. Maka dari itu, penelitian ini mengangkat fokus penelitian yang dirumuskan oleh peneliti, yaitu : 1) Bagaimana strategi bertahan yang dilakukan pedagang kelontong untuk meningkatkan penjualan. 2) Apa dampak adanya ritel modern terhadap pendapatan penjualan pedagaang kelontong. 3) Bagaimana persaingan ritel modern dengan pedagang kelontong di Desa Wonodadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskripstif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Strategi yang digunakan pedagang kelontong untuk meningkatkan penjualannya salah satunya menambah barang yang dijual menyamai dengan yang dijual di Alfamart atau Indomaret, dengan cara ini pemilik toko ber asumsi bahwa konsumen akan tertarik dengan brang yang dijual. 2) Dampak adanya ritel modern terhadap pendapatan penjualan pedagang kelontong sedikit berpengaruh, yang dulunya ber omset tinggi sejak adanya ritel modern omset yang di dapat sedikit menurun. Penurunan omset dikarenakan toko kelontong pada saat itu tidak memiliki produk yang dijual di ritel modern seperti Alfamart dan Indomaret. 3) Persaingan ritel modern dengan pedagang kelontong mengundang perhatian karena menempatkan satu pihak yaitu toko kelontong dalam posisi yang lemah dari segi modal. Kata Kunci : Strategi Bertahan, Pedagang Kelontong, Ritel Modern

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193200 JULIA NAFAIR ZUBAIDI
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:29
Last Modified: 30 Apr 2024 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45514

Actions (login required)

View Item View Item