STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN DI MTs QOIDATUL MAROM KAUMAN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD SAIFUDDIN, 12201183327 (2023) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI PENYIMPANGAN PESERTA DIDIK PADA SAAT PEMBELAJARAN DI MTs QOIDATUL MAROM KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Mengatasi Penyimpangan Peserta Didik Pada Saat Pembelajaran Di MTs Qoidatul Marom Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Saifuddin, NIM. 12201183327, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru Akidah Akhlak, Penyimpangan Peserta Didik. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan pentingnya persoalan tentang pendidikan sehingga perlu perhatian khusus. Salah satu perhatian khusus yang dapat dilakukan oleh seorang guru disekolah adalah dengan mengatasi atau meminimalisir penyimpangan yang sering terjadi disetiap sekolah, contohya adalah penyimpangan dalam hal sering membolos sekolah, tidak megerjakan tugas, dan adanya peserta didik yang selalu berisik saat jam sekolah. Oleh karena itu, strategi guru akidah akhlak dalam mengatasi penyimpangan peserta didik sangat penting guna meningkatkan kualitas pendidikan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi penyimpangan peserta didik yang membolos di MTs Qoidatul Marom Kauman Tulungagung? (2) Bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi penyimpangan peserta didik yang tidak mengerjakan tugas di MTs Qoidatul Marom Kauman Tulungagung? (3) Bagaimana Strategi Guru Akidah Akhlak dalam mengatasi penyimpangan peserta didik yang selalu berisik saat jam pembelajaran di MTs Qoidatul Marom Kauman Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, Adapun lokasi penelitiannya berada di MTs Qoidatul Marom Kauman Tulungagung, sumber datanya di dapatkan melalui tiga unsur yaitu narasumber, peristiwa dan dokumen. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan/keikutsertaan peneliti, peningkatan ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi peserta didik yang membolos yaitu dengan cara ikhtiar, yaitu dengan memberikan nasihat atau motivasi kepada seluruh peserta didik serta mengajak peserta didik dengan perilaku-perilaku yang baik. (2) Strategi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi peserta didik yang tidak mengerjakan tugas yaitu dengan cara mengukur kemampuan peserta didik itu sendiri, karena setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda beda. (3) Strategi guru Akidah Akhlak dalam mengatasi peserta didik yang selalu berisik yaitu dengan cara memberi teguran kepada peserta didik dan mengerahkan keaktifan siswa agar tidak jenuh ketika proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183327 MUHAMMAD SAIFUDDIN
Date Deposited: 17 May 2024 08:24
Last Modified: 17 May 2024 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45577

Actions (login required)

View Item View Item