PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MY BODY PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MAULIDYAH NURYAHSYINTA, 12205193067 (2023) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MY BODY PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Alat Peraga My Body Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Maulidyah Nuryahsyinta, NIM. 12205193067, pembimbing Dr. Adi Wijayanto, M.Pd. Kata kunci: Alat Peraga My Body Puzzle, Hasil Belajar, Tematik. Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh teori Sudjana yang mengungkapkan bahwa alat peraga merupakan alat bantu pembelajaran, dan segala macam benda yang digunakan untuk memperagakan materi pelajaran. Kurangnya semangat siswa pada pembelajaran dalam kelas membuat mereka malas belajar, tuntutan sebagai guru kreatif sudah tumbuh di zaman sekarang. Media yang digunakan oleh guru masih monoton hanya mendengarkan penjelasan tanpa ada media. Oleh karena itu, adanya inovasi pembuatan alat peraga my body puzzle agar memberikan kontribusi dalam pembelajaran tematik tema 3 (makanan sehat) subtema 1 (bagaimana tubuh mengolah makanan) pembelajaran 2. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Desain model alat peraga my body puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (2) Kelayakan alat peraga my body puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung (3) Efektifitas penggunaan alat peraga my body puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Penelitian dan pengembangan memakai metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) Analyze (analisis); (2) Design (perencanaan); (3) Development (pengembangan); (4) Implementation (implementasi); (5) Evaluate (evaluasi). Hasil penelitian dan pengembangan ini menyimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan desain pada alat peraga my body puzzle dapat dilihat pada hasil penilaian yang diberikan oleh ahli media dan ahli materi bahwa alat peraga my body puzzle layak digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari pengembangan alat peraga my body puzzle ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat dibuktikan melalui hasil pre-test dan post-test dari siswa. (2) Kelayakan alat peraga my body puzzle sangat valid digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi dan ahli media, ahli media I mendapat tingkat kevalidan dengan nilai presentase 82,5% dengan arti valid, ahli media II mendapat nilai presentase 74,1% dengan arti valid, dan ahli media III mendapat nilai presentase 80,5% dengan arti valid. Validasi dari ahli materi I memperoleh nilai presentase 95,8% dengan arti sangat valid, ahli materi II memperoleh nilai presentase 80,8% dengan arti valid, dan ahli materi III memperoleh nilai presentase 98,9% artinya sangat valid. (3) Efektifitas penggunaan alat peraga my body puzzle dapat dilihat dari data pre-test dan posttest. Nilai rata-rata pre-test 73,71 sedangkan nilai rata-rata post-test 89,84.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193067 MAULIDYAH NURYAHSYINTA
Date Deposited: 14 May 2024 06:50
Last Modified: 14 May 2024 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45596

Actions (login required)

View Item View Item