UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP ISLAM DARUSSASLAM DONGKO

FASNAWI EKA YUSTIRA, 17201163248 (2023) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA RELIGIUS DI SMP ISLAM DARUSSASLAM DONGKO. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di SMP Islam Darussalam Dongko” ini ditulis oleh Fasnawi Eka Yustira, NIM. 17201163248, Pembimbing Dr. Hj. Siti Noer Farida Laila.M.A. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Budaya Religius Pada dasarnya sebuah lembaga sekolah merupakan suatu komunitas yang terdiri dari beberapa unsur, dilihat dari segi posisi dan jabatan serta fungsi dari masing-masing individu yang tergabung dalam komunitas masyarakat pendidikan dalam suatu lembaga sekolah Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab Disamping itu analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif dari fakta-fakta yang diperoleh di lapangan, berupa kalimat-kalimat, bukan angka-angka. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala- gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat mengenai sifat-sifat populasi dan daerah tertentu. Menurut jenisnya penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi sampel yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terhadap suatu lembaga. Sesuai dengan judul penelitian “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di SMP Islam Darussalam Dongko”, maka dalam penelitian ini lebih difokuskan dalam upaya perwujudan budaya religius di lembaga tersebut. Aspek-aspek yang berkaitan dengan perwujudan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh siswa terkait kegiatan keagamaan yang dapat membentuk suasana religius dalam sekolah SMP Islam Darussalam Dongko. Usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan budaya yang religius di lingkungan SMP Islam Darussalam Dongko adalah sebagai berikut: memberi pengetahuan (pemahaman) kepada siswa. Pelaksanaan kegiatan keagamaan sekaligus pengawasan. Menerapkan pembiasaan keagamaan kepada siswa. Faktor-faktor penghambat usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menciptakan budaya yang religius di lingkungan SMP Islam Darussalam Dongko meliputi: Sifat malas pada jam terakhir ketika pelaksanaan sholat jama’ah Dhuhur. Keterbatasan Sarana dan Prasarana. Latar belakang siswa yang berbeda. Latar belakang guru yang berbeda.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163248 FASNAWI EKA YUSTIRA
Date Deposited: 04 Sep 2024 10:46
Last Modified: 04 Sep 2024 10:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45685

Actions (login required)

View Item View Item