PENERAPAN SHOLAWAT AL-BARZANJI UNTUK MENGELOLA EMOSI REMAJA IPNU-IPPNU BENDILJATI KULON (Studi Deskriptif Pada Remaja IPNU-IPPNU Bendiljati Kulon)

FATWA RIFQI NOER WIBISONO, 126306202043 (2024) PENERAPAN SHOLAWAT AL-BARZANJI UNTUK MENGELOLA EMOSI REMAJA IPNU-IPPNU BENDILJATI KULON (Studi Deskriptif Pada Remaja IPNU-IPPNU Bendiljati Kulon). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “ Penerapan Sholawat Al-Barzanji Untuk Mengelola Emosi Remaja Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama dan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Desa Bendiljati Kulon ” yang ditulis oleh Fatwa Rifqi Noer Wibisono dengan NIM 126306202043. Program Studi Bimbingan Konseling Islam, Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan Dosen Pembimbing Bapak Wikan Galuh Widyarto, M.Pd. Abstrak : Kemampuan mengelola emosi merupakan kemampuan untuk mengatasi suatu kondisi atau situasi dengan sikap yang rasional, untuk merespon suatu dengan realistik bukan dengan secara emosional. kemampuan mengelola emosi merupakan kemampuan untuk mengatasi suatu kondisi atau situasi dengan sikap yang rasional, untuk merespon suatu dengan realistik bukan dengan secara emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerapan sholawat Al-Baranji untuk mengelola emosi serta dampak penerapan sholawat Al-Barzanji untuk mengelola emosi remaja Ikatan Pelajar Putra dan Putri Nahdlatul Ulama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi deskriptif, subyek dalam penelitian ini adalah remaja laki- laki, sepupu dari remaja, dan sesepuh atau kyai yang ada di Desa Bendiljati Kulon. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasannya penerapan sholawat Al-Barzanji dapat di laksanakan dengan cara mensucikan diri terlebih dahulu agar mendapatkan kesucian dalam diri sehingga mampu menghayati saat pembacaan aholawat Al-Barzanji, kemudian membaca tawashul, dilanjut dengan tahlil singkat yang dilanjutkan dengan pembacaan ‘atiril dalam kitab Al-Barzanji, kemudian diakhiri dengan mahalul qiyam dan ditutup dengan do’a dalam kitab Al-Barzanji. Adapun indikator dari penerapan sholawat Al-Barzanji adalah mengenali emosi diri/kesadaran diri, empati/mengenali emosi orang lain, dan adaptasi dengan lingkungan/membina hubungan sosial yang baik. Begitupula dampak dari penerapan sholawat Al-Barzanji memiliki beberapa indikator, diantarannya adalah Menjadi pribadi yang lebih baik, Mengarahkan pikiran menjadi jernih, Menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan penyabar, serta memperbesar rasa keimanan kepada Rasulullah SAW. Sehingga dari beberapa indikator di atas dapat peneliti simpulkan bahwasannya penerapan sholawat Al-Barzanji bisa membuat seseorang berubah menjadi lebih baik, mengarahkan pikiran menjadi jernih, dan menjadi pribadi yang sabar, rendah hati seperti yang diajarkan Rasulullah SAW, sehingga mampu memperbesar rasa cinta dan keimanan kepada Rasulullah SAW. Kata Kunci : Kemampuan Mengelola Emosi, Penerapan Sholawat Al-Barzanji.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306202043 FATWA RIFQI NOER WIBISONO
Date Deposited: 15 May 2024 06:58
Last Modified: 15 May 2024 06:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45867

Actions (login required)

View Item View Item