PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK SEGITIGA SISWA KELAS VII SMPN II SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HARKO WIKAN JATMIKO, 2814123086 (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN MEDIA KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK SEGITIGA SISWA KELAS VII SMPN II SUMBERGEMPOL TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (891kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) menggunakan media komputer terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Harko Wikan Jatmiko, NIM. 2814123086, Pembimbing Miswamto, M.Pd. Kata kunci: pendekatan pembelajaran, Realistic Mathematics Education, hasil belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah kondisi dimana pembelajaran matematika masih dengan metode konvensional serta dari informasi yang didapat dilapangan sebelumnya hasil belajar serta pemahaman siswa terhadap matematika terbilang masih cukup. Selain itu, siswa di lokasi tersebut masih sangat berpotensi dalam meningkatkan hasil belajar matematika sehingga memiliki hasil belajar yang lebih baik. Oleh karena itu, guna mewujudkan hasil belajar matematika yang diharapkan, diperlukan pendekatan pembelajaran yang proses pembelajarannya dapat dikaitkan dengan kehidupan siswa sehari-hari. Diharapkan setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk mengkonstruksi kembali pengetahuannya. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) menggunakan media komputer terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) menggunakan media komputer terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) menggunakan media komputer terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 2 Sumbergempol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan VII A sebagai kelas eksperimen di SMPN 2 Sumbergempol tahun ajaran 2015/2016. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah soal tes dan data dokumentasi. Soal tes tersebut digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 2 Sumbergempol. Hasil penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti adalah. 1) Uji hipotesis menggunakan uji-t, hasilnya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara t_hitung dan t_tabel yang diperoleh dari perhitungan yaitu nilai t_hitung=3,087 sedangkan t_tabel=2,008 pada taraf signifikansi 5%. karena t_hitung>t_tabel maka H_a diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) menggunakan media komputer terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi pokok segitiga siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Besarnya pengaruh diperoleh Nilai Spooled = 13,18 = 0,88, dalam interpretasi 79%. Bedasarkan hasil penelitian maka pendekatan pembelajaran RME berpengaruh besar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 2 Sumbergempol yaitu sebesar 79%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123086 Harko Wikan Jatmiko
Date Deposited: 12 Jan 2017 06:39
Last Modified: 12 Jan 2017 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item