PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SOAL HOTS TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII MTsN 06 TULUNGAGUNG

TITIS DUWI SUNDARI, 12204183105 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SOAL HOTS TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POLA BILANGAN PADA SISWA KELAS VIII MTsN 06 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (873kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Soal HOTS Terhadap Hasil dan Motivsi Belajar Matematika Materi Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII MTsN 06 Tulungagung “ ini ditulis oleh Titis Duwi Sundari (12204183105) Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Nur Cholis, S.Pd,. M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Soal HOTS Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh di era teknologi dan komunikasi sebagai salah satu produk perubahan zaman menawarkan hal-hal baru bagi dunia pendidikan. Dengan adanya kondisi wabah covid-19, seluruh dunia mengalami peristiwa yang sangat hebat yang berdampak di bidang pendidikan, sosIal bahkan ekonomi dan lain-lain. Dengan model pembelajaran blended learning merupakan salah satu solusi bagi pendidikan untuk pembelajaran tetap berjalan dengan lancar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS terhadap hasil belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII MTsN 06 Tulungagung, (2) pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS terhadap motivasi belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII MTsN 06 Tulungagung, (3) seberapa besar pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS terhadap hasil dan motivasi belajar matematika materi pola bilangan pada siswa kelas VIII MTsN 06 Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, tes dan dokumentasi. Desain Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Dengan variabel terikatnya adalah hasil dan motivasi belajar dengan variabel bebasnya adalah model pembelajaran adalah model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 58 siswa dari 29 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan dua tahap yaitu Uji Normalitas dan Uji Homogenitas sedangkan analisis akhir menggunakan dua tahap yaitu Uji T dan Uji Cohen’s d Effect size. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS terhadap hasil belajar sesuai dengan hasil uji T diperoleh nilai signifikan 0,017 < 0,05 ; (2) Ada pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS terhadap motivasi belajar sesuai dengan hasil uji T diperoleh nilai signifikan 0,013 < 0,05 ; (3) besar pengaruh model pembelajaran blended learning berbasis soal HOTS terhadap hasil dan motivasi belajar sesuai dengan hasil uji cohen’s effect size diperoleh nilai 0,925 yang mana termasuk standar tinggi .

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Pola Bilangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183105 TITIS DUWI SUNDARI
Date Deposited: 15 May 2024 03:16
Last Modified: 15 May 2024 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/45970

Actions (login required)

View Item View Item