PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQH SISWA DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG

Badi'atur Rohmah, 2811123061 (2017) PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQH SISWA DI MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. cover luar.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. cover dalam.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Lampiran - Lampiran (kecuali 6).pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Lampiran 6.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “PenggunaanMetode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung ” ini ditulis oleh Badi’ Atur Rohmah, NIM. 2811123061, pembimbing Drs. Muh.Kharis, MPd. Kata Kunci :Penggunaan, Metode Tanya jawab, Motivasi BelajarFiqih Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Siswa yang masih kurang memperhatikan materi yang disampaikan karena munculnya rasa bosan dan malas untuk belajar. Siswa cenderung malu untuk bertanya kepada guru ketika menemui suatu permasalahan dalam Fiqih. Selain itu beberapa siswa lebih sering bercanda dengan teman daripada memperhatikan materi karena tidak adanya minat pada pelajaran. Apabila kondisi tersebut dibiarkan saja maka akan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Melihat kenyataan diatas, guru dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat guna membantu guru untuk menyampaikan materi agar dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi Fiqih. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaiamana perencanaan penggunaan metode Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung?(2) Bagaimana proses penggunaan metode Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung? (3) Apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung ?Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan tentang perencanaan penggunaan metode Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung. (2) Untuk menjelaskan tentang proses penggunaan metode Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode Tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung. Skripsi ini bermanfaat bagi Penulis untuk memberi masukan pemikiran pada penulis dalam penggunaan metode Tanya jawab. Bagi peneliti yang akan datangdapat digunakan oleh peneliti yang akan datang sebagai bahan kajian penunjang meneliti hal-hal yang berkaitan dengan topik di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lokasi penelitiannya di Madrasah Tsanawiyah Negeri Bandung, sumber datanya di dapat melalui tiga unsur yaitu person, place dan paper, metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif, sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian ini adalah :(1) Perencanaan yang dilakukan oleh guru fiqih adalah memperlajari silabus, menyiapkan RPP dan menyusun pertanyaan sekaligus menyimpulkan jawaban (2) Pelaksanaan metode tanya jawab yang dilakukan oleh gur fiqih adalah, mengkondisikan kelas tetap tenang, kemudian mengajukan pertanyaan, member penguatan jawaban, melibatkan siswa lain untuk melengkapi jawaban, kemudian menyimpulakan jawaban (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan motivasi belajar fiqih siswa secara garis besar yaitu: faktor pendukung: keterampilan bertanya guru, sikap guru dan keluwesan guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: minat siswa, alokasi waktu, disiplin siswa, perbedaan pendapat dan siswa tidak bawa buku.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123061 Badi'atur Rohmah
Date Deposited: 16 Jan 2017 03:19
Last Modified: 16 Jan 2017 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4606

Actions (login required)

View Item View Item