UMI KULSUM, 12210193031 (2023) EFEKTIVITAS TEKNIK RANGSANG GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII MTs HASANUDDIN SIRAMAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci: Efektivitas, Teknik Rangsang Gambar, Menulis Teks Ekplanasi Salah satu permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya keterampilan menulis siswa sehingga berdampak langsung pada hasil belajar siswa itu sendiri. Hal ini dapat terjadi karena adanya dua faktor, yakni faktor internal dari siswa itu sendiri dan faktor eksternal guru yang masih menerapkan model pembelajaran ceramah atau konvensional. Untuk itu, peneliti mencoba menggunakan teknik rangsang gambar pada materi teks eksplanasi untuk mengetahui seberapa efektif teknik rangsang gambar ini terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik rangsang gambar terhadap kemampuan siswa pada pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VIII MTs Hasanuddin Siraman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas penggunaan teknik rangsang gambar dan kemampuan menulis teks eksplanasi kelas VIII MTs Hasanuddin Siraman. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Hasanuddin Siraman. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampel jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel, teknik ini digunakan untuk populasi yang relatif kecil. Ditetapkan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes hasil menulis teks eksplanasi siswa. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji-t pada prates menunjukkan perolehan nilai t hitung 2.012. Untuk taraf signifikasinya 5% dari df 54 diperoleh t tabel = 2,004 karena t hitung > t tabel yaitu 2.012 > 2,004 dan sig. < 0,05 yaitu 0,049 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan menggunakan teknik rangsang gambar pada pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan kelas kontrol yang tidak dapat perlakuan teknik rangsang gambar ini. Kenaikan nilai rata-rata prates ke pascates kelas eksperimen sebesar 88.61 dengan deviasi standar sebesar 8.275 dan standar error mean sebesar 1.564. Sementara itu, kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 83.93 dengan deviasi standar sebesar 9.108 dan standar error mean sebesar 1.721. Kenaikan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian, peneliti menunjukkan bahwa teknik rangsang gambar lebih efektif digunakan pada pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII MTs Hasanuddin Siraman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 12210193031 UMI KULSUM |
Date Deposited: | 20 May 2024 07:57 |
Last Modified: | 20 May 2024 07:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46105 |
Actions (login required)
View Item |