NAILA ADIBAH, 126201203240 (2024) KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 WATULIMO TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kompetensi guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek” ini ditulis oleh Naila Adibah, NIM. 126201203240. Progam Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024. Dosen Pembimbing Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Kompetensi Guru PAI, Minat Belajar Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi pada remaja khususnya para pelajar mengenai kurangnya minat dalam mempelajari AlQur’an. Hal ini menjadi perhat ian khusus dari berbagai pihak, terutama peran sekolah dalam mendidik dan mengarahkan. Melihat hal ini menjelaskan bahwa guru memiliki tanggung jawab yang besar untuk mewujudkan pembelajaran yang menarik khususnya dalam mempelajari Al-Qur’an. Maka dari itu diperlukan dalam meningkatkan standar kompetensi guru PAI untuk mewujudkan pembelajaran baca Al-Qur’an yang lebih efisien dan efektif. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Kompetensi Pedagogik Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek? (2) Bagaimana Kompetensi Sosial Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek? (3) Bagaimana Kompetensi Profesional Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek? Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa kompetensi pedagogik guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data konkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Guru PAI dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 1 Watulimo Trenggalek melalui kompetensi pedagogik guru PAI ditunjukkan dengan memiliki kemampuan mengajar yang baik, mengusai dan memahami materi Al-Qur’an,memahami karakter peserta didik, menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP/Modul Ajar sebelum memulai pembelajaran PAI, menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, menguasai kelas ketika proses pembelajaran, selalu melibatkan peserta didik dalm proses pembelajaran, dan memberikan penghargaan bagi yang berprestasi dan hukuman bagi yang melanggar aturan dalam wujud memotivasi peserta didik. (2) Melalui kompetensi sosial melakukan yang sesuai dengan indikator kompetensi sosial, yaitu guru PAI memiliki hubungan yang baik dengan lainnya, menjadi teladan, bekerjasama dalam tim kerja, menggunakan bahasa yang mudah dipahamai dan santun dalam berkomunikasi, melibatkan orang tua atau wali murid ketika proses pembelajaran, dan menghargai dan menjelaskan adanya perbedaan yang terjadi di lingkungan pada peserta didik untuk saling menghormati. (3) Melalui kompetensi profesional dengan cara memahami kurikulum yang berlaku, berkomunikasi dengan efektif, mengembangkan keterampilan diri dan menjaga profesionalisme, dan melakukan evaluasi dengan rutin.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201203240 NAILA ADIBAH |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:05 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46198 |
Actions (login required)
View Item |