PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 4 MATIUM PRATHEEP VITTAYA SCHOOL MEANG YALA THAILAND

LAILATUL QIBTIYAH, 2817123087 (2017) PENERAPAN METODE SNOWBALL THROWING DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS 4 MATIUM PRATHEEP VITTAYA SCHOOL MEANG YALA THAILAND. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Snowball Throwing dan Media Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas 4 Matium Pratheep Vittaya School Meang Yala Thailand” ini ditulis oleh Lailatul Qibtiyah, NIM. 2817123087, Pembimbing Bpk. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Snowball Throwing, Media Visual, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fakta bahwa prestasi belajar peserta didik kelas 4 Matium materi pelajaran bahasa Inggris di Pratheep Vittaya School Yala, Thailand relatif rendah. Hal ini disebabkan oleh kurang perhatiannya peserta didik pada saat mengikuti proses belajar mengajar dan mereka cenderung bersifat pasif dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru. Selain itu guru juga cenderung menggunakan metode yang sama setiap kali mengajar, sehingga dapat menimbulkan kurangnya minat dan rendahnya prestasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Melihat hal tersebut peneliti berusaha memberikan solusi berupa penggunaan metode Snowball Throwing dan media visual dalam menjelaskan materi pembelajaran Bahasa Inggris. Rumusan masalah dalam penulisan sripsi ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan metode Snowball Trhowing dan Media Visual pada mata pelajaran Bahasa Inggris materi vocabularies of verbs and nouns peserta didik kelas 4 Matium Meang Yala Thailand Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi vocabularies of verbs and nouns dengan menggunakan metode Snowball Trhowing dan media visual pada peserta didik kelas 4 Matium Meang Yala, Thailand Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Snowball Trhowing dan Media Visual untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris materi vocabularies of verbs and nouns peserta didik kelas 4 Matium Meang Yala, Thailand Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris materi vocabularies of verbs and nouns dengan menggunakan metode Snowball Trhowing dan media visual pada peserta didik kelas 4 Matium Meang Yala, Thailand Tahun Ajaran 2015-2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) tahap perencanaan (planing), (2) tahap pelaksanaan (act), (3) tahap observasi (observe), dan (4) tahap trefleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas 4 Pratheep Vittaya School Yala, Thailand. Yang terdiri dari 16 peserta didik perempuan. Dalam penelitian ini digunakan digunakan metode pengumpulan data berupa tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur pencapaian peserta didik setelah mempelajari materi. Sedangkan non tes meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi pada peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu KKM 60 Hasil penelitian dalam penerapan metode snowball throwing dan media visual dengan cara melibatkan peseta didik langsung. Peneliti membimbing peserta didik memahami materi pembelajaran dan mengerjakan soal dengan menggunakan metode snowball throwing dan media visual. Hasil Penelitian menunjukkan telah terjadi peningkatan. Proses penerapan metode snowball throwing dan media visual diantaranya: (1) menyampaikan materi pelajaran dengan media visual, (2) membentuk kelas menjadi beberapa kelompok, (3) memberikan beberapa intruksi kepada perwakilan kelompok serta memberikan lembaran kertas kemudian dibagikan kepada masing-masing individu, (4) peserta didik menuliskan beberapa soal, (5) mengumpulkan lembaran soal dan dikumpulkan kepada guru untuk dijadikan satu hingga membentuk sebuah bola, (6) melempar kertas bola ke masing-masing kelompok, (7) mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, (8) membuat kesimpulan, (9) evaluasi dan penutup. Serta peningkatan prestasi belajar bahasa Inggris dengan penggunaan metode snowball throwing dan media visual. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata peserta didik 18,75 dengan prosentase ketuntasan 6,25%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 58,43 dengan prosentase ketuntasan 43,75% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 82,5 dengan prosentase ketuntasan 87,5%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Snowball Throwing dan Media Visual dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 4 Matium Pratheep Vittaya School Yala, Thailand.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123087 LAILATUL QIBTIYAH
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:20
Last Modified: 17 Jan 2017 04:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item