IMPLEMENTASI STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL HIKMAH JABUNG TALUN BLITAR

ARDHANA SEVIA ANGGRAINI, 126205202130 (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI READING GUIDE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI AL HIKMAH JABUNG TALUN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (535kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Strategi Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Isi Teks Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Hikmah Jabung Talun Blitar” yang ditulis oleh Ardhana Sevia Anggraini, NIM. 126205202130. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan dosen Pembimbing Ibu Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Reading Guide, Kemampuan Memahami Isi Teks Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memahami teks dan minat baca yang rendah. Minat baca yang rendah berimplikasi pada hasil belajar yang maksimal. Proses pembelajaran dalam kelas menuntut guru mampu menggunakan berbagai strategi dan metode pelajaran. Upaya meningkatkan mutu pendidikan membutuhkan proses yang optimal, sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran dengan hasil belajar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Semangat guru di MI Al Hikmah untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan memahami isi teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia ditunjukkan dengan dengan implementasi strategi reading guide. Reading Guide merupakan metode dimana siswa dituntut lebih aktif memahami materi sesuai tujuan pembelajaran dengan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi strategi reading guide dalam meningkatkan kemampuan memahami isi teks pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Hikmah Jabung Talun Blitar. Fokus penelitian yaitu (1) bagaimana langkah-langkah strategi reading guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Hikmah Jabung Talun Blitar ? (2) bagaimana kendala dalam dalam mengimplementasikan strategi reading guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Hikmah Jabung Talun Blitar ? (3) bagaimana manfaat implementasi strategi reading guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Hikmah Jabung Talun Blitar ? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini, kehadiran peneliti menjadi key informant. Lokasi pada penelitian ini berada di MI Al Hikmah Jabung Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi sumber, teknik dan pengecekan melalui diskusi dengan teman sejawat. Adapun tahap-tahap dalam penelitian yang dilakukan meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian yaitu (1) langkah-langkah yang ditempuh ada dua tahap yaitu pra implementasi dan implementasi dalam pembelajaran. Tahap pra implementasi ada beberapa langkah yang dilakukan yaitu pertama menyiapkan perangkat pembelajaran. Kedua, memahami isi bacaan. Ketiga, menentukan bahan bacaan. Kemudian tahap implementasi langkah-langkah yang dilakukan yaitu pertama, guru menentukan bacaan sesuai tema. Kedua, guru membuat pertanyaan atau kisi-kisi yang akan dijawab oleh peserta didik. Ketiga, guru membagikan kepada peserta didik. Keempat, membahas pertanyaan yang diajukan oleh guru. Kelima, mengulas materi yang telah dipelajari saat itu. Keenam, evaluasi. (2) kendala dalam implementasi strategi reading guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu peserta didik merasa jenuh, peserta didik merasa tertekan, kurangnya sarana dan prasarana, memerlukan kondusifitas kelas yang tinggi, rendahnya minat baca dan pemahaman terhadap bacaan. (3) manfaat implementasi strategi reading guide dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu membantu peserta didik memahami bacaan dengan waktu yang singkat, efektif dan fleksibel dalam pembelajaran, dapat diterapkan untuk semua pelajaran, membangkitkan semangat belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202130 ARDHANA SEVIA ANGGRAINI
Date Deposited: 29 May 2024 07:42
Last Modified: 29 May 2024 07:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46382

Actions (login required)

View Item View Item