SINTIA RATNA WULAN, 126204202132 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPER ITEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI BANGUN GEOMETRI KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (686kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (300kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (603kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Super Item terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Transformasi Bangun Geometri Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru.” ini ditulis oleh Sintia Ratna Wulan, NIM 126204202132, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Super Item, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Siswa, Transformasi Bangun Geometri Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar adalah model pembelajaran Super Item. Adapun tujuan dari penelitian adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) tipe Posttest Only Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T Independent saple t-test dan Uji Manova. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru dengan nilai
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202132 SINTIA RATNA WULAN |
Date Deposited: | 30 May 2024 08:32 |
Last Modified: | 30 May 2024 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46397 |
Actions (login required)
View Item |