PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPER ITEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI BANGUN GEOMETRI KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU

SINTIA RATNA WULAN, 126204202132 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SUPER ITEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRANSFORMASI BANGUN GEOMETRI KELAS VII SMPN 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Super Item terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Transformasi Bangun Geometri Kelas VII SMPN 3 Kedungwaru.” ini ditulis oleh Sintia Ratna Wulan, NIM 126204202132, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Miswanto, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Super Item, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Siswa, Transformasi Bangun Geometri Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran yang kurang inovatif dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar adalah model pembelajaran Super Item. Adapun tujuan dari penelitian adalah 1) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. 2) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) tipe Posttest Only Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VII SMPN 3 Kedungwaru. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji T Independent saple t-test dan Uji Manova. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh model pembelajaran Super Item terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi transformasi bangun geometri kelas VII SMPN 3 Kedungwaru dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202132 SINTIA RATNA WULAN
Date Deposited: 30 May 2024 08:32
Last Modified: 30 May 2024 08:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46397

Actions (login required)

View Item View Item