PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI PtLSV

ANANDA DWI LESTARI, 126204201065 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG PADA MATERI PtLSV. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (746kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Flashcard terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung pada Materi PtLSV” ditulis oleh Ananda Dwi Lestari, NIM. 126204201065, Jurusan Tadris Matematika (TMT), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) yang dibimbing oleh Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Media Flashcard, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pertidaksamaan Linear Satu Variabel (PtLSV). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang kurang sesuai. Saat ini pembelajaran yang diterapkan guru umumnya bersifat monoton dan kurang kreatif. Sehingga menjadikan siswa kurang aktif dan berdampak buruk pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa aktif dalam pembelajaran, salah satunya model Discovery Learning. Discovery Learning adalah suatu metode pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menemukan konsep dari materi pembelajarannya sendiri. Dengan itu, peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya Model Discovery Learning diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Flashcard terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung pada materi pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV), (2) Untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Flashcard terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung pada materi pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling karena populasi penelitian bersifat homogen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini diambil dari hasil nilai posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Terdapat pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Flashcard terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung pada materi pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, (2) Besar pengaruh pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Flashcard terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII MTsN 7 Tulungagung pada materi pertidaksamaan linear satu variabel (PtLSV) berdasarkan nilai cohen’s d sebesar 1,4544 atau 91,9%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201065 ANANDA DWI LESTARI
Date Deposited: 31 May 2024 08:23
Last Modified: 31 May 2024 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46420

Actions (login required)

View Item View Item