PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

DIALUVITA DWI NOVIANDANI, 2814123060 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) BERBASIS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (929kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Logika Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Dialuvita Dwi Noviandani, NIM. 2814123060, pembimbing Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think pair Share (TPS), Lembar Kerja Siswa (LKS), hasil belajar matematika. Rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika disebabkan oleh pandangan siswa bahwa matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan dianggap sulit serta metode pembelajaran yang kurang sesuai atau membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi logika matematika terhadap hasil belajar matematika siswa MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), teknik sampling yang digunakan adalah purposive sample. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar dengan jumlah 151 siswa. Sampel dalam penelitian ini berasal dari kelas XA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan XB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes dan metode dokumentasi. Dalam penelitian ini, analisis yang digunakan adalah analisis statistik dengan menggunakan uji t. Hasil dari pengujian Independent Sample T-test diperoleh nilai thitung = 2,462 sedangkan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga thitung > ttabel, maka ada perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbasis LKS dengan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen > rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol, yaitu 76,85 > 68,59. Jadi kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan demikian maka H_a diterima dan H_0 ditolak, sehingga kesimpulannya adalah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) berbasis Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi logika matematika terhadap hasil belajar matematika siswa MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123060 DIALUVITA DWI NOVIANDANI
Date Deposited: 18 Jan 2017 06:40
Last Modified: 18 Jan 2017 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4644

Actions (login required)

View Item View Item