STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

YUAN REMANITA, 126201203234 (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB NEGERI CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (789kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Yuan Remanita Pendidikan Agama Islam (PAI), NIM. 126201203234 Tahun 2024, dibimbing oleh Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Anak Berkebutuhan Khusus Sesuai dengan kebijakan pemerintah yang mendorong anak ABK disekolahkan di sekolah umum sehingga banyak orang menganggap bahwa ABK tidak memiliki prioritas utama dalam pendidikan. Siswa mengalami kesulitan terutama pada siswa ABK dikarenakan pembelajaran yang berlangsung rata-rata kurang memiliki strategi yang tepat dalam penyampaian materi nya. Antara jenis dan derajat disabilitas yang satu dengan yang lainnya tidak bisa disamakan dalam penyampaian pembelajaran nya. Sehingga prestasi belajar siswa tidak terlalu baik untuk mencapai target pemahaman. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran tentunya pembelajaran pendidikan agama islam agar dapat mencapai tujuan yang baik. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung? 3) Bagaimana refleksi pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Campurdarat Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian terletak di SLB Negeri Campurdarat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan data dokumen. Paparan dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk mengecek keabsahan data menggunakan kredibilitas yaitu triangulasi metode dan sumber, perpanjangan pengamatan, dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian ini meliputi 1) Perencanaan pembelajaran berupa penyampaian materi pembelajaran dengan memperhatikan minat siswa dalam belajar. Selain itu juga terdapat modifikasi waktu dan materi dalam satu semester. 2) Pelaksanaan pembelajarannya, guru memperbanyak interaksi dengan siswa, seperti memotivasi siswa, mengajak belajar sambil bermain agar siswa tidak mudah bosan dan memberontak. Pembelajaran pendidikan agama islam di SLB Negeri Campurdarat memang sering menggunakan materi hafalan do’a maupun surah, juga materi yang berkaitan dengan akhlak, serta belajar mengaji baca tulis Al-Qur’an. 3) Refleksi dalam pembelajaran menggunakan tanya jawab secara lisan ketika selesai pembelajaran maupun dalam bentuk ujian tertulis seperti ujian semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203234 YUAN REMANITA
Date Deposited: 31 May 2024 09:26
Last Modified: 31 May 2024 09:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46475

Actions (login required)

View Item View Item