REZA KOLIFATUR ROSIDAH, 126204202125 (2024) KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY DALAM MENYELESAIKAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rosidah, Reza Kolifatur. 2024. Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self Efficacy dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di MTsN 1 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Representasi Matematis, SPLDV, Self-Efficacy Kemampuan represetasi matematis merupakan kemampuan untuk menyajikan kembali suatu permasalahan kedalam bentuk yang lain untuk memudahkan dalam menemukan solusi atau penyelesaian. Proses pembelajaran yang sering terjadi, siswa cenderung hanya mengikuti langkah-langkah guru ketika menyelesaikan masalah, sehingga berakibat pada kurang berkembangnya kemampuan representasi matematis siswa. Beberapa siswa juga mengalami putus asa saat menemukan kesulitan dalam memahami materi maupun dalam menyelesaikan masalah. Hal yang dapat mempengaruhinya adalah Self-Efficacy. Self-Efficacy merupakan keyakinan seseorang dalam menyelesaikan masalah atau tugas-tugas. Self-Efficacy terbagi menjadi tiga kategori yaitu Self-Efficacy tinggi, Self-Efficacy sedang dan Self-Efficacy rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan Self-Efficacy tinggi dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 1 Tulungagung. 2) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan Self-Efficacy sedang dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 1 Tulungagung. 3) Mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dengan Self-Efficacy rendah dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabel di MTsN 1 Tulungagung Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII MTsN 1 Tulungagung yang berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan Self-Efficacy tinggi, 2 siswa dengan Self-Efficacy sedang dan 2 siswa dengan Self-Efficacy rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan Self-Efficacy tinggi mampu memenuhi indikator representasi matematis kata-kata atau teks tertulis, representasi visual dan persamaan atau ekspresi matematis. 2) Siswa dengan Self-Efficacy sedang memenuhi indikator kata-kata atau teks tertulis dan persamaan atau ekspresi matematis, belum memenuhi indikator representasi visual 3) Siswa dengan Self-Efficacy rendah memenuhi indikator persamaan atau ekspresi matematis, belum memenuhi indikator kata-kata atau teks tertulis dan representasi visual.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202125 REZA KOLIFATUR ROSIDAH |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:35 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46570 |
Actions (login required)
View Item |