SITI CHOIRIYAH, 126406202190 (2024) IMPLEMENTASI SISTEM LAYANAN INFORMASI KEUANGAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MEMINIMALISIR DAN MENGATASI RESIKO KREDIT MACET PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK. KANTOR CABANG NGANJUK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (955kB) |
Abstract
Belakangan ini, financial technology (fintech) kian berkembang secara masif di Indonesia dan telah dimanfaatkan untuk keperluan perbankan. Salah satunya Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Nganjuk. Perusahan keuangan tersebut, memanfaatkan fintech seperti data dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meminimalisir dan mengatasi resiko kredit macet. Fenomena tersebut selanjutnya yang memantik penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui praktik bank BRI Kantor Cabang Nganjuk dalam 1) Mengidentifikasi proses pengecekan riwayat pinjaman data calon kreditur melalui laman sistem SLIK OJK. 2) Menganalisis proses penerapan SLIK OJK dalam pemberian kredit. 3) Menganalisis proses SLIK OJK meminimalisir terjadinya resiko kredit macet. Sementara itu, guna memperoleh data terkait fokus penelitian tersebut, riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) SLIK berfungsi signifikan untuk pengecekan riwayat keuangan hutang-piutang nasabah. 2) Antara pihak BRI Kantor Cabang Nganjuk dan debitur terdapat kesepakatan jika jumlah pinjaman, persentase suku bunga, dan tempo pembayaran disesuaikan dengan nilai dari suatu agunan serta kondisi keuangan nasabah. 3) Resiko kredit macet pada BRI Kantor Cabang Nganjuk disebabkan adanya penurunan penjualan usaha nasabah sehingga berdampak pada macetnya pembayaran kredit. 4) Dalam implementasi BRI, untuk mengatasi kredit macet pada nasabah masih terdapat beberapa kekeruangan, seperti tidak menerapkan SLIK OJK secara serius dan surat edaran Bank Indonesia No. 26/4/BPPP tentang penyelesaian kredit bermasalah sebelum jalur hukum. Kata Kunci : SLIK OJK, Resiko Kredit, Kredit Macet.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Kredit |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | 126406202190 SITI CHOIRIYAH |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:14 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46578 |
Actions (login required)
View Item |