PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 TRENGGALEK

ASHLIHAH ARIFATURROSYIDAH, 126201202141 (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTsN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Trenggalek” ditulis oleh Ashlihah Arifaturrosyidah, NIM 126201202141, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan pembimbing Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci : Penerapan Model STAD, Motivasi Belajar Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran harus menerapkan model pembelajaran yang tepat di kelasnya agar mampu meminimalisir penurunan motivasi belajar Fiqih yang dialami oleh peserta didik. Guru dalam melakukan penerapan model kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) itu melalui berbagai tahapan yakni perencanaan pembelajaran, penyampaian motivasi dan tujuan pembelajaran, pemberian fasilitas proses pembelajaran, pelaksanaan kegiatan belajar dalam kelompok, kegiatan kuis (evaluasi), dan kegiatan tindaklanjut dari pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (2) Untuk mendeskripsikan penyampaian motivasi dan tujuan pembelajaran dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (3) Untuk mendeskripsikan pemberian fasilitas proses pembelajaran dari penerapan model kooperatif tipe dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (4) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan belajar dalam kelompok dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (5) Untuk mendeskripsikan kegiatan kuis (evaluasi) dari penerapan model kooperatif tipe dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. (6) Untuk mendeskripsikan kegiatan tindaklanjut dalam pembelajaran dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data melalui uji kepastian data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah : (1) Perencanaan dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek meliputi beberapa tahapan penting yakni guru mendiagnosa situasi belajar peserta didik yang ada di kelas, guru merencanakan dan merancang alat pendukung pembelajaran (Modul ajar, metode pembelajaran, LKPD, jurnal, instrumen penilaian dan sebagainya), guru merencanakan dan merancang proses pembelajaran serta guru melakukan evaluasi dan tindak lanjut dari semua langkah yang dilewati pada tahap perencanaan ini melalui evaluasi diri dan diskusi sejawat. (2) Penyampaian motivasi dan tujuan pembelajaran dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek yang dilakukan oleh guru yakni penyampaian motivasi dan tujuan pembelajaran secara spontan sehingga terjadi interaksi antara guru dan peserta didik sehingga muncul suasana belajar yang hangat di dalam kelas. (3) Pemberian fasilitas proses pembelajaran dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek yang dilakukan oleh guru meliputi beberapa tahapan penting yakni guru menyiapkan elemen pendukung pembelajaran kemudian guru mengondisikan kelas (mulai awal hingga akhir pembelajaran), guru melaksanakan pre-tes peserta didik, dan guru menyampaikan gambaran besar materi ajar. (4) Pelaksanaan kegiatan belajar dalam kelompok dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek yang dilakukan oleh guru meliputi beberapa tahapan penting yakni guru membagi kelompok peserta didik dan guru menginstruksikan peserta didik untuk diskusi belajar bersama kelompoknya. (5) Kegiatan kuis (evaluasi) dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek yang dilakukan oleh guru meliputi tahapan penting yakni guru menginstruksikan peserta didik untuk mengerjakan kuis individu. (6) Kegiatan tindaklanjut dalam pembelajaran dari penerapan model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas VII di MTsN 1 Trenggalek meliputi berbagai tahapan penting yakni guru menghitung dan mengumpulkan skor yang diperoleh peserta didik selama pembelajaran berlangsung, selanjutnya guru memberikan reward dan punnishment kepada peserta didik, lalu guru memberikan refleksi dan umpan balik pembelajaran serta guru merekap hasil pembelajaran yang telah dilakukan di pertemuan tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202141 ASHLIHAH ARIFATURROSYIDAH
Date Deposited: 05 Jun 2024 03:08
Last Modified: 05 Jun 2024 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46639

Actions (login required)

View Item View Item