PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN POSTER COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

MARATUS AYU FEBIANA, 126204202104 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTUAN POSTER COMMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS VII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (730kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Febiana, Maratus Ayu. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example berbantuan Poster Comment terhadap Hasil Belajar Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran, example non example, poster comment, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat hasil belajar siswa yang tergolong rendah karena kurangnya kemampuan pemahaman konsep pada pelajaran matematika yang di sebabkan oleh rendahnya minat siswa pada pelajaran matematika. Hal tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa belum tercapai. Model pembelajaran Example Non Example digunakan sebagai solusi dalam permasalahan ini. Menurut Buehl, Example Non Example memiliki tujuan supaya siswa mampu mengklasifikasikan suatu konsep yang dipelajari dengan menggunakan example sebagai contoh dari materi yang dipelajari dan non-example bukanlah contoh dari materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penggunaan model pembelejaran Example Non Example berbantuan Poster Comment berpengaruh terhadap hasil belajar materi bangun datar siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar, 2) untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelejaran Example Non Example berbantuan Poster Comment berpengaruh terhadap hasil belajar materi bangun datar siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian Quasy Experimental Design (eksperimen semu) dengan desain penelitian tipe Posttest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan kelas VII A (kelas eksperimen) dan VII B (kelas kontrol). Teknik dan instrumen pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian tes berupa post test untuk mengukur hasil belajar siswa. Instrumen soal tes dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas sebelum diujikan kepada siswa. Setelah data terkumpul, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji t-test dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran example non example berbantuan poster comment terhadap hasil belajar materi bangun datar siswa kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar, dibuktikan dengan hasil uji t-test diperoleh

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202104 MARATUS AYU FEBIANA
Date Deposited: 05 Jun 2024 04:39
Last Modified: 05 Jun 2024 04:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46684

Actions (login required)

View Item View Item