KINANTI ALFINA DAMAYANTI, 126204201001 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA PADA MATERI SPLDV DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Damayanti, Kinanti Alfina. 2024. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepriadian Siswa Pada Materi SPLDV di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dra.Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph.D. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Ekstrovert-Introvert, SPLDV Matematika merupakan ilmu dasar yang telah berkembang pesat, baik materi maupun kegunaannya dan memiliki peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu lain dan mempunyai pengaruh besar dalam memajukan daya piker manusia. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang menganggap matematika sulit dan menyebabkan kesulitan belajar. Biasanya kesulitan belajar ini akan diawali dengan gangguan-gangguan kecil yang sering tidak kita sadari sebagai masalah serius yang akan mengganggu proses pembelajaran matematika. Banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar seorang siswa, diantaranya adalah tipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert . Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mendeskripsikan kesulitan siswa dengan tipe kepribadia ekstrovert dalam belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung, dan (2) Mendeskripsikan kesulitan siswa dengan tipe kepribadia introvert dalam belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa kelas VIII dengan tipe kepribadian ekstrovert, dan 2 siswa kelas VIII dengan tipe kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian MBTI dan tes soal matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa bertipe kepribadian ekstrovert tidak mengalami gangguan kesulitan belajar dimana siswa dapat memahami masalah yang diberikan, membuat model matematika, menentukan strategi penyelesaian yang tepat, serta menentukan prosedur matematika yang benar dalam mengerjakan soal SPLDV. (2) Siswa bertipe kepribadian introvert mengalami kesulitan belajar yaitu : kesulitan memahami masalah yang diberikan, kesulitan membuat model matematika, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat serta kesulitan melakukan prosedur matematika yang benar. Akan tetapi pada pengerjaan soal nomor 1 dan 2 salah satu siswa tidak mengalami kesulitan memahami masalah yang diberikan, kesulitan membuat model matematika, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat serta kesulitan melakukan prosedur matematika yang benar dalam mengerjakan soal SPLDV.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201001 KINANTI ALFINA DAMAYANTI |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:16 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46776 |
Actions (login required)
View Item |