ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA PADA MATERI SPLDV DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG

KINANTI ALFINA DAMAYANTI, 126204201001 (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA PADA MATERI SPLDV DI SMP NEGERI 1 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Damayanti, Kinanti Alfina. 2024. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepriadian Siswa Pada Materi SPLDV di SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dra.Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph.D. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Ekstrovert-Introvert, SPLDV Matematika merupakan ilmu dasar yang telah berkembang pesat, baik materi maupun kegunaannya dan memiliki peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu lain dan mempunyai pengaruh besar dalam memajukan daya piker manusia. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang menganggap matematika sulit dan menyebabkan kesulitan belajar. Biasanya kesulitan belajar ini akan diawali dengan gangguan-gangguan kecil yang sering tidak kita sadari sebagai masalah serius yang akan mengganggu proses pembelajaran matematika. Banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar seorang siswa, diantaranya adalah tipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert . Tujuan penelitian ini adalah, (1) Mendeskripsikan kesulitan siswa dengan tipe kepribadia ekstrovert dalam belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung, dan (2) Mendeskripsikan kesulitan siswa dengan tipe kepribadia introvert dalam belajar matematika materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Ngantru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 subjek yang terdiri dari 2 siswa kelas VIII dengan tipe kepribadian ekstrovert, dan 2 siswa kelas VIII dengan tipe kepribadian introvert. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tipe kepribadian MBTI dan tes soal matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa bertipe kepribadian ekstrovert tidak mengalami gangguan kesulitan belajar dimana siswa dapat memahami masalah yang diberikan, membuat model matematika, menentukan strategi penyelesaian yang tepat, serta menentukan prosedur matematika yang benar dalam mengerjakan soal SPLDV. (2) Siswa bertipe kepribadian introvert mengalami kesulitan belajar yaitu : kesulitan memahami masalah yang diberikan, kesulitan membuat model matematika, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat serta kesulitan melakukan prosedur matematika yang benar. Akan tetapi pada pengerjaan soal nomor 1 dan 2 salah satu siswa tidak mengalami kesulitan memahami masalah yang diberikan, kesulitan membuat model matematika, kesulitan menentukan strategi penyelesaian yang tepat serta kesulitan melakukan prosedur matematika yang benar dalam mengerjakan soal SPLDV.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201001 KINANTI ALFINA DAMAYANTI
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:16
Last Modified: 07 Jun 2024 03:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46776

Actions (login required)

View Item View Item