PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2019-2020)

NABILA SALASIA SYAMSA, 12403193224 (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, MINAT BELAJAR, METODE PEMBELAJARAN, DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2019-2020). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Metode Pembelajaran, dan Fasilitas Pembelajaran Terhadap Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Syariah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2019-2020)” ini ditulis oleh Nabila Salasia Syamsa, NIM. 12403193224, pembimbing Nurul Fitri Ismayanti, M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya konsentrasi mahasiswa pada saat proses pembelajaran serta masih banyak mahasiswa yang mengandalkan teman yang paham terhadap materi, sehingga hal itu menyebabkan penurunan pemahaman akuntansi pada mahasiswa. Adapun faktor-faktor yang dinilai mampu mempengaruhi pemahaman akuntansi seperti faktor kecerdasan emosional, minat belajar, metode pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran. Namun belum tentu juga faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi pemahaman akuntansi pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi; 2) Mengetahui pengaruh minat belajar terhadap pemahaman akuntansi; 3) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap pemahaman akuntansi; 4) Mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap pemahaman akuntansi; 5) Mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, minat belajar, metode pembelajaran, dan fasilitas pembelajaran terhadap pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Data dikumpulkan melalui metode kuesioner dengan teknik Purposive Sampling dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 85 responden. Dimana respondennya adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Syariah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Angkatan 2019-2020. Selanjutnya, data kuesioner yang telah diperoleh dianalisis dengan regresi linier berganda dengan ketentuan telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, kemudian dianalisis dengan uji-t dan uji-F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi, karena setiap orang berbeda-beda dalam mengatur emosi mereka saat proses pembelajaran; 2) Minat belajar tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi, karena apabila keadaan kelas yang monoton akan menciptakan suasana kelas cepat bosan; 3) Metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, karena apabila metode yang digunakan tidak tepat maka tidak ada keberhasilan dalam proses pembelajaran; 4) Fasilitas pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, karena jika fasilitas tidak memadai akan menghambat pencapaian pemahaman materi mahasiswa; 5) Secara simultan atau bersama-sama kecerdasan emosional, minat belajar, fasilitas pembelajaran, dan metode pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Kata kunci: pemahaman akuntansi, fasilitas pembelajaran, metode pembelajaran minat belajar, dan kecerdasan emosional.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 12403193224 NABILA SALASIA SYAMSA
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:59
Last Modified: 10 Jun 2024 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/46914

Actions (login required)

View Item View Item